Powered by Blogger.
Home » » 6 Cara Mengembangkan Bisnis Toko Kelontong

6 Cara Mengembangkan Bisnis Toko Kelontong


6 Cara Mengembangkan Bisnis Toko Kelontong-
Apakah Pembeli toko anda selalu orang itu-itu saja?atau
Apakah Omset toko anda tidak mengalami kenaikan?atau
Apakah penghasilan toko yang sudah anda simpan jumlahnya sudah lumayan banyak dan ingin memaksimalkan bisnis anda?
Mungkin anda sudah saatnya untuk mengembangkan bisnis agar mencapai hasil yang lebih maksimal.Setiap pelaku bisnis tentu ingin usaha yang digelutinya semakin berkembang,demikian pula dengan bisnis toko kelontong.Bisa jadi cara yang ditempuh untuk jenis bisnis berbeda-beda.Adapun untuk bisnis toko kelontong ada beberapa cara yang bisa anda tempuh.
Mengembangkan Bisnis
Berikut ini adalah 6 cara mengembangkan bisnis toko kelontong:
1.Menambah item/nama barang.Tentunya tidak asal menambah harus ada pemikiran barang apa saja yang kira-kira dibutuhkan orang yang belum ada di toko anda dari makanan,minuman,sandal,keperluan bayi,es krim,obat-obatan,alat-alat kebersihan,alat-alat listrik,pulsa ,air galon,elpiji dan lain-lainnya.Hal ini bisa dilakukan atas dasar inisiatif/feeling anda sendiri atau karena banyaknya orang yang menanyakan suatu barang di toko anda tapi tidak tersedia.Dengan semakin banyak item barang peluang bertambahnya omset juga semakin besar.
2.Menambah segmen pasar.Amati lingkungan disekitar anda segmen pasar mana yang belum anda sentuh,dari Anak-anak,Pedagang,Anak sekolah dan lainnya-lainnya.Segmen anak-anak bisa berupa jajanan,mainan atau minuman.Untuk segmen pedagang berupa bahan keperluan dapur,plastik sedangkan segmen anak sekolah berupa alat-alat tulis.
3.Menambah jasa.Misalnya Laundry,Loket pembayaran PLN atau telkom.
Untuk jasa Laundry anda tidak perlu keluar modal karena banyak pemilik laundry yang menjalin kemitraan dengan sistem prosentase cukup pasang papan nama,lalu anda tinggal menunggu pelanggan.Sedangkan untuk Loket pembayaran PLN atau Telkom anda perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan Pirantinya seperti Komputer,Modem,Langganan internet dan Printer serta Deposit yang memadai.
4.Memperbanyak titipan.Biasanya barangnya berupa makanan.Anda tidak perlu mengeluarkan modal serta tidak menanggung resiko apabila tidak laku.Anda hanya perlu menjualnya saja.Walaupun anda tidak mengeluarkan modal tapi keuntungannya lumayan untuk itu makin banyak titipan peluang menambah omset akan semakin besar.
5.Menjadi semi Agen.Bila selama ini anda menjual barang secara eceran coba untuk menjual barang secara partai/grosir atau untuk dijual kembali,sasaran utamanya warung-warung kecil.Usahakan Agar harga jual anda bersaing dengan agen atau kalau beda nggak terlalu besar salah satu caranya adalah dengan belanja barang di agen minimal 1 dus atau partai besar.Anda bisa nego dengan agen langganan.Salah satu cara yang bisa anda tempuh misalnya ABC susu 1 dus anda jual rencengan isi 10 atau anda menjual minuman per dus, memang prosentase keuntungannya sedikit tapi kalau jamlah barangnya banyak keuntungannya lumayan juga.
6.Membuka Cabang.Sebenarnya apabila cara 1 sampai 5 berjalan sukses akan membuat anda semakin sibuk tidak ada waktu luang namun apabila anda tetap menginginkan lebih berkembang lagi cara yang terakhir ini bisa anda tempuh.Dengan membuka cabang tentu saja akan semakin menambah omset dan penghasilan.Anda bisa mencari lokasi lain yang lebih strategis, tentu dengan pengalaman anda selama ini akan lebih mudah dalam menentukan lokasi mana yang lebih menjanjikan.Satu hal lagi yang paling penting adalah mencari tenaga kerja yang akan mengelola toko tersebut. Yang sering saya jumpai adalah bekerja sama dengan orang terdekat misalnya saudara sendiri,sistem yang dipakai adalah bagi hasil.Karena sistim ini mengandalkan kepercayaan tentu saudara sendiri akan lebih safe.Keuntungan yang akan diperoleh apabila anda memiliki cabang antara lain selain omset bertambah perputaran barang juga cepat serta kuantitas barang lakunya semakin banyak sehingga anda bisa belanja barang dalam partai besar yang harganya tentu lebih murah sehingga keuntungan juga semakin bertambah.

Sampai disini dulu tips mengenai 6 Cara Mengembangkan Bisnis Toko Kelontong,Semoga bermanfaat untuk kesuksesan bisnis anda.Jangan lupa selalu kunjungi Blog Bisnis Warung untuk mendapatkan tips-tips seputar bisnis toko kelontong.Selamat Mencoba,SALAM SUKSES!

18 comments:

  1. gimana cara menghadapi para pengutang yg susah di tagih ??

    ReplyDelete
  2. di tempat ane bnyak yg nnya beras tapi kalo ada bahanya pelanggannya ntu belinya kebanyakan ngutang trus ane gak beli lagi deh berasnya . nahh ntu ada solusinya gak ntuh ?

    ReplyDelete
  3. sharingnya mantap, ijin copas

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat bermanfaat sekali buat di pelajari, ...

    ReplyDelete
  5. oke juga info-nya buat saya pelajari, ....

    ReplyDelete
  6. @Natural&Mujarap;Terima kasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih banyak atas informasi dan tipsnya

    ReplyDelete
  8. terima kasih atas arahannya, terus terang sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Saya mau buka toko grosiran kelontong. Tp ngk tau beli nya kemana. Saya di pekanbaru.

    ReplyDelete
  10. Saya niatan buka toko klontong tetapi mengalami kesulitan mencari lokasi strategis. Tolong rekan" yang sudah berpengalaman dan sukses bisa sharing ya..!

    ReplyDelete
  11. sebuah inspirasi ni buat toko kelontong aku, makasih infor yang bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Gimana dengan modal yg kurang, rasanya sulit untuk mengembangkan toko nya...

    ReplyDelete
  13. Memang untuk mengembangkan usaha toko kelontong yang paling utama adalah Modal.

    ReplyDelete
  14. hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?

    Sedangkan untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
    coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

    inilah pentingnya fungsi daftar merek,desain industri,hak cipta,serta paten.

    Konsultasikan merekdagang anda segera pada www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

    ReplyDelete
  15. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  16. sy sdh melakoni bisnis kelontong padahal awalnya dulu juga ragu eh ternyata menghasilkan dan saat ini saya keluar kerja dan fokus di toko kelontong dan gerai pulsa serta lpg

    ReplyDelete
  17. siasat untuk menghadapi pengutang. saya pernah liat di salah satu warung adalah dengan menulis nama-nama pengutang, jumlah utang, barang apa yang diutang kalo perlu sekalian alamat si berutang.........mudah2an manjur!!!!!!

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah meluangkan waktu berkomentar diblog ini.Komentar Anda di Seleksi,Komentar Yang Menyertakan Link Aktif, tidak sesuai Topik,Komentar Spam Komentar tanpa Nama Kami tolak !

Note: Only a member of this blog may post a comment.