--> Skip to main content

6 Cara Mengembangkan Bisnis Toko Kelontong


6 Cara Mengembangkan Bisnis Toko Kelontong-
Apakah Pembeli toko anda selalu orang itu-itu saja?atau
Apakah Omset toko anda tidak mengalami kenaikan?atau
Apakah penghasilan toko yang sudah anda simpan jumlahnya sudah lumayan banyak dan ingin memaksimalkan bisnis anda?
Mungkin anda sudah saatnya untuk mengembangkan bisnis agar mencapai hasil yang lebih maksimal.Setiap pelaku bisnis tentu ingin usaha yang digelutinya semakin berkembang,demikian pula dengan bisnis toko kelontong.Bisa jadi cara yang ditempuh untuk jenis bisnis berbeda-beda.Adapun untuk bisnis toko kelontong ada beberapa cara yang bisa anda tempuh.
Mengembangkan Bisnis
Berikut ini adalah 6 cara mengembangkan bisnis toko kelontong:
1.Menambah item/nama barang.Tentunya tidak asal menambah harus ada pemikiran barang apa saja yang kira-kira dibutuhkan orang yang belum ada di toko anda dari makanan,minuman,sandal,keperluan bayi,es krim,obat-obatan,alat-alat kebersihan,alat-alat listrik,pulsa ,air galon,elpiji dan lain-lainnya.Hal ini bisa dilakukan atas dasar inisiatif/feeling anda sendiri atau karena banyaknya orang yang menanyakan suatu barang di toko anda tapi tidak tersedia.Dengan semakin banyak item barang peluang bertambahnya omset juga semakin besar.
2.Menambah segmen pasar.Amati lingkungan disekitar anda segmen pasar mana yang belum anda sentuh,dari Anak-anak,Pedagang,Anak sekolah dan lainnya-lainnya.Segmen anak-anak bisa berupa jajanan,mainan atau minuman.Untuk segmen pedagang berupa bahan keperluan dapur,plastik sedangkan segmen anak sekolah berupa alat-alat tulis.
3.Menambah jasa.Misalnya Laundry,Loket pembayaran PLN atau telkom.
Untuk jasa Laundry anda tidak perlu keluar modal karena banyak pemilik laundry yang menjalin kemitraan dengan sistem prosentase cukup pasang papan nama,lalu anda tinggal menunggu pelanggan.Sedangkan untuk Loket pembayaran PLN atau Telkom anda perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan Pirantinya seperti Komputer,Modem,Langganan internet dan Printer serta Deposit yang memadai.
4.Memperbanyak titipan.Biasanya barangnya berupa makanan.Anda tidak perlu mengeluarkan modal serta tidak menanggung resiko apabila tidak laku.Anda hanya perlu menjualnya saja.Walaupun anda tidak mengeluarkan modal tapi keuntungannya lumayan untuk itu makin banyak titipan peluang menambah omset akan semakin besar.
5.Menjadi semi Agen.Bila selama ini anda menjual barang secara eceran coba untuk menjual barang secara partai/grosir atau untuk dijual kembali,sasaran utamanya warung-warung kecil.Usahakan Agar harga jual anda bersaing dengan agen atau kalau beda nggak terlalu besar salah satu caranya adalah dengan belanja barang di agen minimal 1 dus atau partai besar.Anda bisa nego dengan agen langganan.Salah satu cara yang bisa anda tempuh misalnya ABC susu 1 dus anda jual rencengan isi 10 atau anda menjual minuman per dus, memang prosentase keuntungannya sedikit tapi kalau jamlah barangnya banyak keuntungannya lumayan juga.
6.Membuka Cabang.Sebenarnya apabila cara 1 sampai 5 berjalan sukses akan membuat anda semakin sibuk tidak ada waktu luang namun apabila anda tetap menginginkan lebih berkembang lagi cara yang terakhir ini bisa anda tempuh.Dengan membuka cabang tentu saja akan semakin menambah omset dan penghasilan.Anda bisa mencari lokasi lain yang lebih strategis, tentu dengan pengalaman anda selama ini akan lebih mudah dalam menentukan lokasi mana yang lebih menjanjikan.Satu hal lagi yang paling penting adalah mencari tenaga kerja yang akan mengelola toko tersebut. Yang sering saya jumpai adalah bekerja sama dengan orang terdekat misalnya saudara sendiri,sistem yang dipakai adalah bagi hasil.Karena sistim ini mengandalkan kepercayaan tentu saudara sendiri akan lebih safe.Keuntungan yang akan diperoleh apabila anda memiliki cabang antara lain selain omset bertambah perputaran barang juga cepat serta kuantitas barang lakunya semakin banyak sehingga anda bisa belanja barang dalam partai besar yang harganya tentu lebih murah sehingga keuntungan juga semakin bertambah.

Sampai disini dulu tips mengenai 6 Cara Mengembangkan Bisnis Toko Kelontong,Semoga bermanfaat untuk kesuksesan bisnis anda.Jangan lupa selalu kunjungi Blog Bisnis Warung untuk mendapatkan tips-tips seputar bisnis toko kelontong.Selamat Mencoba,SALAM SUKSES!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar