Powered by Blogger.
Home » » 10 Strategi Memilih Agen

10 Strategi Memilih Agen



10 Strategi Memilih Agen|Salah satu kunci kesuksesan bisnis toko kelontong adalah memilih agen yang tepat.Alasan yang paling mendasar karena Agen akan sangat menentukan harga eceran di toko anda kalau anda dapatnya mahal otomatis harga ecerannya juga mahal.Setiap agen mempunyai patokan harga sendiri-sendiri walaupun ada harga-harga yang standar artinya di agen mana saja sama harganya.Alasan selanjutnya untuk efesiensi waktu sehingga bisa fokus berjualan ditoko.

Untuk bisa mendapatkan agen yang tepat ada 10 strategi yang bisa anda tempuh,berikut ini penjelasan selengkapnya:
1.Termurah.Silahkan anda cari agen yang harganya termurah.Untuk mengetahuinya tentu anda harus berbelanja ke beberapa agen dan usahakan mencari agen yang ramai pembelinya walaupun bukan jaminan agen yang ramai harganya pasti murah.Jangan terpaku pada agen besar terkadang agen kecil bisa lebih murah harganya dari pada agen besar walaupun hanya barang-barang tertentu saja.   
2.Lebih dari satu agen.Setiap agen menginginkan tokonya laku salah satu caranya dengan menawarkan harga yang murah dibandingkan dengan agen lain.Namun menurut pengalaman saya ada 3 tingkat harga diagen:Murah,Standar dan Mahal.Jadi tinggal pilih mana yang murah/standar anda beli yang mahal jangan.Nah untuk barang yang mahal anda cari ke agen lain yang harganya murah.Jadi jelas khan kenapa harus memilih agen lebih dari satu.
3.Agen Besar.Patokan termudah untuk mengetahuinya adalah jumlah barang yang masuk ke agen tersebut atau bisa juga dengan melihat stok yang ada diagen tersebut.Keuntungan belanja diagen ini adalah dari segi harga karena belanjanya partai besar.Sedikit untuk pengetahuan anda setiap distributor suatu produsen terkadang mengadakan program misalnya Distributor produsen Aqua dengan Program Trade Mizone dengan ketentuan beli 3-50 dus Diskon Rp1500 per dus,Beli 51-199 Diskon Rp.1750 perdus Beli 200 keatas Diskon Rp.2000 perdus.Jadi dengan adanya program-program tersebut tentu agen tadi bisa menjual dengan harga yang lebih murah.
4.Terlengkap.Pilihlah agen yang jumlah item barangnya banyak jadi satu tempat anda bisa terpenuhi keperluan toko anda jadi anda bisa hemat waktu tidak perlu mutar-muter hanya untuk mencari satu/dua barang.
5.Proses Cepat.Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah pelayanan kasirnya.Cari kasir(biasanya pemilik agen) yang cekatan serta pengambilan barang yang cepat dan teliti.Biasanya untuk pengambilan barang dilakukan oleh karyawan agen tersebut.Jadi anda tidak buang-buang waktu hanya untuk belanja serta untuk menghindari kesalahan pengambilan barang.
6.Parkir luas.Untuk kenyamanan,keamanan dan keselamatan cari agen yang menyediakan parkir kendaraan yang memadai.
7.Jalur distribusi terpendek.Agar bisa mendapatkan harga yang termurah cari agen yang cara mendapatkan barangnya langsung dari distributor/penyalur dari suatu produsen.
8.Mudah dihubungi.Cari Agen yang ada fasilitas telephone/HP.Hal ini akan membantu apabila anda ingin mengetahui ada tidaknya suatu barang.Selain itu apabila ada komplain akan cepat ditanggapi.Juga untuk pemesanan barang akan lebih cepat dan tidak repot.
9.Dikenal agen.Sebisa mungkin anda dikenal oleh Agen langganan anda.Sehingga apabila ada harga suatu barang naik/turun/langka anda akan cepat mengetahuinya.Biasanya agen tersebut memberitahu.Selain itu akan mempermudah apabila suatu saat anda komplain.Bisa karena barangnya ketinggalan atau salah ambil barang dan lain-lain.
10.Layanan Antar.Kebanyakan Agen Besar tidak menyediakan layanan antar (kecuali kalau partai besar) namun kalau bisa cari agen yang harganya murah atau paling nggak standar yang menyediakan layanan antar.Hal ini akan sangat membantu kelancaran bisnis anda apalagi kalau toko anda banyak pelanggannya sehingga tidak perlu repot-repot untuk datang ke agen.

Demikian tips tentang 10 Strategi Memilih Agen,Semoga bermanfaat.Salam Sukses!

1 comments:

  1. Betul gan, jangan menggantungkan pasokan barang pada 1 agen saja. Terutama untuk barang-barang dengan bobot berat seperti aqua galon, gas, minuman dus/botol dan sejenisnya. Biasanya barang-barang tersebut diatas dikirim langsung ke toko/warung kita. Jika karena satu dan lain hal agen tersebut tidak melakuakn pengiran ke toko/warung kita, maka kita akan kesulitan mengisi barang tersebut. Untuk pedagang yang memiliki kendaraan roda 4 mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Sambil mencari agen baru, pedagang bisa membeli barang diluar. Tetapi, untuk pedagang yang hanya memiliki kendaraan roda 2, tentunya akan mengalami kesulitan untuk berbelanja barang tersebut diatas.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah meluangkan waktu berkomentar diblog ini.Komentar Anda di Seleksi,Komentar Yang Menyertakan Link Aktif, tidak sesuai Topik,Komentar Spam Komentar tanpa Nama Kami tolak !