Wednesday, January 9, 2013

9 Strategi Efesiensi Waktu Belanja

Efesiensi Waktu9 Strategi Efesiensi Waktu Belanja-Pernahkah anda tiap hari bolak balik ke agen untuk Belanja?Kalau anda sering mengalaminya berarti sudah saatnya anda menerapkan 9 strategi efesiensi waktu belanja.Seiring semakin banyaknya jumlah pembeli dan pelanggan di toko anda maka semakin sering pula anda berbelanja ke agen dan terlebih lagi jika belanjanya banyak ditambah lagi kalau agennya jauh bisa membuat stamina anda terkuras kalau dibiarkan terus menerus bisa berakibat anda jatuh sakit selain itu kalau pas agennya sedang ramai anda akan banyak menghabiskan waktu diagen.Kalau toko anda menyediakan layanan antar bisa saja anteran menumpuk kecuali kalau anda punya karyawan  dan kendaraan lebih dari satu.Selain itu ada tipe pembeli yang lebih puas kalau dilayani oleh anda mungkin karena sudah cocok dengan pelayanan anda.Untuk itu harus ada strategi khusus agar kebutuhan toko terpenuhi namun anda tidak banyak keluar untuk berbelanja ke agen sehingga bisa fokus melayani pelanggan anda.
Lalu strategi efesiensi waktu belanja seperti apa sih yang bisa anda terapkan?
Silahkan simak penjelasan dibawah ini.
1.Barang yang berat diantar.Usahakan mencari agen yang bisa diantar untuk barang-barang yang berat seperti Beras,Telor,Gula pasir,Minuman kemasan.
2.Barang yang bukan pasaran tapi laku dan barang unik cari sendiri.Maksudnya barang bukan pasaran adalah barang yang tidak semua Agen menjual misalnya minyak kemasan 2 Liter,Bihun ,Soun,Mie kiloan.Sedangkan Barang unik adalah barang yang tidak semua toko menjualnya contohnya Sandal,Sapu,alat pel,kapas,Lampu hemat,Bola plastik,Pisau cukur,Tali rafia ,kertas kado dan lain-lain.
3.Menambah stok Barang yang cepat laku.Kalau modal anda mencukupi silahkan belanja partai untuk barang yang cepat laku selain hemat waktu harga juga bisa lebih murah tergantung nego anda dengan agen.Selain itu terkadang ada sales dari distributor yang menawarkan barang dengan cara pembayaran tempo biasanya 2 minggu.
4.Harga Pasaran Cari di agen terdekat.Untuk barang yang harga pasarannya sama silahkan cari di agen yang terdekat namun tetap memperhatikan jarak dengan toko anda jangan terlalu dekat.Baca Pantangan Bisnis.
5.Mengambil Barang di Sales Canvas.Untuk barang-barang yang cepat laku anda bisa ambil barang disales canvas/keliling yang menggunakan mobil biasanya yang sering menjual minuman cup kalau anda pintar nego bisa mendapatkan harga yang murah.
6.Cari agen  murah yang diantar.Kalau ada agen yang bisa diantar dengan harga murah atau paling nggak harga pasaran silahkan belanja ke agen tersebut.Baca Memilih agen.
7.Menggunakan kendaraan yang muat banyak.Sebenarnya dengan motor saja sudah cukup memadai namun agar sekali belanja bisa mendapatkan barang yang banyak bila perlu bisa menggunakan motor roda tiga atau sekalian mobil. 
8.Menyuruh Karyawan Belanja.Bila anda memiliki karyawan anda bisa menyuruh karyawan untuk belanja namun begitu ada kelemahannya kebanyakan karyawan tidak punya inisiatif pola pikirnya yang penting mendapatkan barangnya tanpa melihat kondisi barangnya,harganya,Kalau agennya sedang ramai bisa lama waktu belanjanya.kalau ada informasi barang biasanya tidak terlalu memperhatikan.
9.Perbanyak mengambil barang dari distributor langsung.Keuntungan mengambil barang dari distributor langsung adalah harga bisa lebih murah atau paling nggak pasaran dan cari   yang langsung mendatangi toko anda biasanya menggunakan mobil.Baca Cara Mendapatkan Barang.

Ke-9 strategi diatas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saya bisa jadi berbeda dengan pengalaman anda.
Demikian tips mengenai 9 Strategi Efesiensi Waktu Belanja semoga bisa membantu anda dalam meraih kesuksesan Bisnis toko kelontong anda terima kasih atas kunjungannya ,Salam sukses!
Load disqus comments

0 komentar