--> Skip to main content

7 Pemicu Kenaikan Harga Sembako

Harga Sembako
7 Pemicu Kenaikan Harga Sembako-Naik turunnya harga sembako merupakan hal yang paling sering anda temui sebagai pebisnis toko kelontong.Namun pernahkah anda mencari tahu apa sih penyebabnya?Atau mungkin karena terlalu sering mengalami sehingga anda anggap sebagai hal yang wajar.
Ada satu hal yang menarik menurut saya tentang kenaikan harga sembako ini .Menurut Agen langganan saya dia justru  lebih senang kalau harga sembako sedang naik/tinggi sebabnya harga tinggi justru malah laku karena menandakan banyak yang membutuhkan.Anda setuju dengan pendapat ini?
Salah satu efek yang harus anda hadapi ketika harga sembako naiknya terus menerus adalah masalah menentukan harga.Seringakali kenaikannya tiap hari atau dua hari sekali sehingga harga jual anda tertinggal dari harga pasaran akibatnya ketika akan berbelanja lagi harganya sudah naik sehingga harus menambah modal lagi untuk berbelanja.
Kembali ke topik,Lantas apa saja sih yang bisa menjadi pemicu kenaikan harga Sembako?Berikut analisanya.

1.Pasokan.Apabila pasokan melimpah misalnya musim panen padi cenderung harga beras turun.Sebaliknya apabila pasokan kurang sampai sembako tersebut langka harganya bisa melonjak.Misalnya saat musim banjir  atau kekeringan sehingga menyebabkan gagal panen.
2.Sumber Pasokan.Semakin mudah sumber pasokan harganya bisa semakin murah.Namun kalau sumber pasokannya sulit misalnya harus mengambil dari luar pulau atau harus impor tentu harganya bisa semakin mahal
3.Tingginya permintaan Konsumen. Menurut ilmu ekonomi kenaikan harga barang dan jasa di sebabkan oleh banyaknya permintaan sedangkan persediaannya terbatas, artinya tidak ada keseimbangan antara permintaan dan penawaran yang ada..
4.Kebijakan pemerintah.Misalnya pembatasan impor daging sapi sedangkan kebutuhan masyarakat tinggi sehingga menyebabkan harga jualnya melambung.
5.Kenaikan Harga BBM.Transportasi merupakan sarana yang penting dalam pendistribusian sembako sedangkan BBM merupakan 30% komponen dari industri transportasi maka wajar saja kenaikan harga BBM selalu diikuti harga sembako dan lainnya.
6.Ulah Spekulan.Walupun pasokannya cukup namun karena memanfaatkan momen-momen tertentu misalnya hari raya harganya bisa naik.
7.Banyaknya Uang yang beredar.Misalnya PNS menerima gaji yang ke-13 atau karyawan mendapatkan THR pada waktu lebaran.Karena kebiasaan menjelang lebaran harga cenderung naik dari awal mereka sudah pasang aksi borong sehingga menyebabkan kelangkaan barang.

7 Pemicu Kenaikan Harga Sembako diatas hanyalah analisa saya yang diolah dari berbagai sumber,Bagaimana menurut anda?Anda ingin menambahkan Pemicu lainnya?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar