Powered by Blogger.
Home » » Tips Aman Menggunakan Gas Elpiji 3 kg

Tips Aman Menggunakan Gas Elpiji 3 kg

Gas Elpiji 3 kg
Tips Aman Menggunakan  Gas Elpiji 3 kg-Baru baru ini telah terjadi ledakan tabung Gas Elpiji 3 kg ditempat pemotongan ayam didaerah Kebayoran lama Jakarta selatan yang memakan korban 13 orang luka bakar.Informasi yang saya peroleh dari situs berita kronologinya berdasarkan keterangan korban adalah sebagai berikut Salah satu korban sedang menyiapakan air untuk menguliti bulu ayam namun tiba-tiba terdengar suara mendesis tanda gas bocor kemudian tabung gas tersebut diceburkan kedalam bak berisi air sedangkan kondisi kompor sudah mati namun tiba-tiba api sepanjang 2 meter menyambar tabung gas tersebut dan menyambar pula 12 orang yang ingin membantu menangani tabung gas tersebut.

Dari kejadian tersebut Anda akan  bertanya-tanya ,”Seperti apa sih cara menggunakan gas elpiji 3 kg yang Aman?”.Sebenarnya pertamina sudah mensosialisasikan penggunanan gas elpiji 3 kg yang aman diantaranya lewat televisi.Apabila anda belum mengetahui hal tersebut anda bisa mendownload Ebook petunjuk Aman Penggunaan Elpiji 3 kg Disini. 
Terlebih lagi apabila anda sebagai penjual gas elpiji 3 kg pengetahuan tersebut sangat diperlukan apalagi bila anda memberikan layanan pasang regulator.
 
Untuk menambah pengetahuan anda kali ini saya akan berbagi beberapa tips aman memasang regulator ke tabung gas elpiji  berdasarkan pengalaman pribadi ketika memasangkan regulator  ke tabung gas elpiji pelanggan toko saya.
1.Sebelum memasang regulator pastikan tabung gas  tidak bocor biasanya pada bagian sambungan pada foot ring dan kepala Tabung(Valve)
2.Pastikan ada karet(Rubber Seal) pada lubang  valve kondisinya harus halus,masih lentur, tidak mudah robek dan sesuai dengan diameter dalam lubang valve.
3.Pastikan tidak ada sumber api didekat tabung gas ketika memasang regulator.
4.Apabila saat memasang regulator terdenganr bunyi mendesis segera lepas lagi regulator, tukar karet tabung dengan karet tabung di tabung sebelumnya atau apabila mempunyai  karet baru(Bisa anda dapatkan di  Agen Gas elpiji  anda) ganti dengan karet baru.Untuk lebih meyakinkan  setelah regulator terpasang anda bisa mengujinya  dengan melumuri  bagian antara valve tabung dengan  regulator dengan air sabun bila tidak ada gelembung udara berarti tidak bocor.
5.Setelah regulator terpasang dengan benar dan tidak ada suara mendesis baru nyalakan kompor.
6.Bila kompor tidak menyala tepuk-tepuk regulator (posisi knop kompor gas off)dan goyang-goyangkan selang kemudian  coba nyalakan kompor lagi.
7.Bila kompor tetap tidak menyala coba amati meteran yang ada di regulator apabila bergerak kekanan berarti aliran gas sudah masuk.Ulangi langkah ke 6 apabila tetap tidak nyala berarti regulator macet/ rusak atau bisa juga pemantik dari kompor gasnya sudah rusak.
8.Bila saat regulator dipasang jarum tidak bergerak/tidak ada suara gas masuk ke regulator berarti regulator belum terpasang sempurna.Dalam beberapa kasus saya pernah menemui regulator yang  bagian penekan katup gasnya kurang panjang sehingga tidak bisa menekan katup gas.Solusinya coba dengan regulator yang lain apabila bisa berarti regulator sebelumnya kurang bagus.Namun apabila tetap tidak bisa keluar gasnya coba tukar dengan tabung yang lain.
Cara Mengetahui  kebocoran Gas Elpiji 3 kg
1.Tercium Bau gas Elpiji yang menyegat.
2.Terdapat embunan pada tabung gas elpiji biasanya ada disekitar tabung,Neck ring,Valve maupun sambungan pada foot ring.
3.Terdapat bunyi mendesis pada regulator.
Jika terjadi Kebocoran Tindakan yang harus segera dilakukan
1.Lepaskan regulator bawa tabung gas elpiji keluar ruangan dan letakkan ditempat terbuka.
2.jangan menyalakan api/menghidupkan listrik
3.Bawa tabung gas elpiji tersebut ke agen gas elpiji
Demikian informasi tentang Tips Aman Menggunakan Gas Elpiji 3 kg,Anda mempunyai tips lainnya?Senang sekali apabila Anda mau berbagi dengan pembaca Blog Bisnis Warung.
Gambar: http://gasdom.pertamina.com/produk_dan_services_elpiji_3kg.aspx

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah meluangkan waktu berkomentar diblog ini.Komentar Anda di Seleksi,Komentar Yang Menyertakan Link Aktif, tidak sesuai Topik,Komentar Spam Komentar tanpa Nama Kami tolak !

Note: Only a member of this blog may post a comment.