Friday, March 1, 2013

Waspada Penyakit Ketika Musim Hujan

Penyakit Musim Hujan
Waspada Penyakit Ketika Musim Hujan-Coba anda bayangkan apabila hujan turun terus menerus apa yang akan terjadi?Air hujan mengalir perlahan menggenangi permukaan,bercampur dengan air selokan dan sampah atau mungkin saja  septic tank tergenang  sehingga meninggi dan kotorannya ikut hanyut ke permukaan.Terlebih lagi apabila daerah anda langganan banjir tentu akan sangat menggangu aktifitas anda.
Itulah salah satu resiko yang harus anda hadapi apabila datang musim hujan.Namun ada hal yang paling penting yaitu menjaga kesehatan anda karena datangnya musim hujan berpotensi mendatangkan berbagai penyakit.Nah…sebagai langkah antisipasi kali ini saya akan berbagi tentang penyakit-penyakit yang harus diwaspadai selama musim hujan dan langkah-langkah pencegahannya yang saya himpun dari berbagai sumber.
Inilah penyakit-penyakit yang harus diwaspadai selama musim hujan:

1.Batuk pilek  dan influenza.Biasanya gejala Batuk Pilek dimulai 2-3 hari setelah terjadinya infeksi gejalanya sangat khas yaitu bersin –bersin, hidung berair,hidung tersumbat ,batuk, suara serak sedangkan influenza  cenderung menimbulkan demam, otot kaku dan batuk yang lebih parah.Batuk pilek dan influenza sama-sama  disebabkan virus namun jenis virus penyebabnya berbeda.
2.ISPA(infeksi Saluran Pernapasan Atas).Penyebabnya bisa berupa virus,bakteri dan mikroba lainnya.Gejala utama  dapat berupa batuk dan demam jika berat mungkin disertai sesak napas ,nyeri dada dan lain-lain.
3.Diare.Penyebabnya antara lain Infeksi oleh bakteri, virus atau parasit, Alergi terhadap makanan atau obat tertentu ,Infeksi oleh bakteri atau virus yang menyertai penyakit lain seperti: Campak, Infeksi telinga, Infeksi tenggorokan, Malaria, Pemanis buatan
Gejala diare atau mencret adalah tinja yang encer dengan frekuensi 4 x atau lebih dalam sehari, yang kadang disertai muntah,badan lesu,panas,tidak nafsu makan ,darah dan lendir dalam kotoran.
4.Leptospirosis.Dikenal juga dengan penyakit kencing Tikus.Penyebabnya bakteri leptospira sp yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Gejala-gejala leptospirosis ini awalnya menyerupai gejala flu, yaitu demam tinggi, sakit kepala, menggigil, nyeri. Pada tahap lebih lanjut, muncul gejala berupa muntah, sakit kuning, nyeri perut, diare dan ruam. Gejala umumnya terjadi selama sepekan. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebabkan kerusakan ginjal, hati, meningitis, gangguan pernapasan hingga kematian.
5.Cikungunya.Penyakit ini disebabkan oleh Virus Cikungunya yang ditularkan ke manusia oleh nyamuk Aedes Aegypti gejala yang timbul diantaranya demam mendadak,Nyeri pada persendian terutama sendi lutut,pergelangan,jari kaki dan tangan serta tulang belakang serta raum (binntik kemerahan) ada kulit,Nyeri otot,sakit kepala,menggigigil,kemerahan pada selaput mata,pembesaran kelenjar getah bening dibagian leher,Mual,Muntah dan kadang disertai gatal pada ruam.
6.Penyakit Kulit.Salah satunya Kutu air.Gejalnya disela-sela jari kaki terjadi pengelupasan atau kerusakan disertai rasa nyeri,gatal,berbau dan  panas seperti terbakar.Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur yang dapat terjadi disemua bagian tubuh.Jamur ini banyak ditemukan dilingkungan yang lembab dan basah.
7.Demam Berdarah.Penyebabnya  virus dengue .Penyakit ini menular dari satu penderita ke penderita lainnya melalui nyamuk aedes aegypti. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kemenkes, seseorang dicurigai demam berdarah jika ia mengalami gejala-gejala berikut ini yaitu:
Demam mendadak ditambah  gejala-gejala berikut  ini sakit kepala,Nyeri dibelakang mata,nyeri otot,Nyeri tulang,Ruam(bercak merah)dikulit,Muncul tanda pendarahan,Sel darah putihnya rendah,Uji serologi dengue positif,Ada tetangga yang diketahui demam berdarah dengue.
 
Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa anda lakukan agar terhindar dari penyakit selama musim hujan diantaranya:
1.Olah raga Rutin.Meskipun musim hujan anda masih tetap bisa berolah raga walaupun terbatas untuk jenis olah raga yang bisa dilakukan didalam ruangan(Indoor) misalnya senam aerobic,Sit Up,Push Up skipping
2.Menjaga Kesehatan Tangan .Pastikan Anda senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Cuci tangan Anda setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan yang kotor, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut Anda.
3.Minum Air yang cukup minimal 8 gelas air putih matang sehari karena  bisa menagkal  atau membuang racun -racun yang masuk ketubuh.
4.Mengkonsumsi Buah-buahan yang mengandung vitamin C. Vitamin C yang cukup sudah dikenal mampu menangkal penyakit karena meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah buah-buahan kaya vitamin C seperti jambu biji, pepaya, jeruk, apel, tomat, dan buah-buahan berwarna kuning/ oranye lainnya.
5.Sedia Payung sebelum Hujan.Daya tahan tubuh akan turun drastis  saat anda kehujanan sehingga menyebabkan mudah terserang penyakit.Sediakan payung selama anda beraktifitas  diluar ruangan atau jas hujan apablia anda menggunakan sepeda motor.Atau apabila anda lupa membawa paying atau jas hujan silahkan berteduh apabila turun hujan.
6.Segera Mandi setelah kehujanan. Penyakit dapat muncul ketika tubuh Anda mengalami perubahan suhu yang drastis. Mandi dengan segera akan menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan sekaligus membersihkan tubuh Anda dari kuman dan kotoran. Saat Anda mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal. Selanjutnya hangatkan diri Anda dengan minum teh hangat atau makan kuah hangat.
7.Sering Mandi Air Hangat.Air hangat merangsang sirkulasi dan aliran darah selain itu air hangat membuka  pori sehingga membuat tubuh lebih mudah dibersihkan.
8.Istirahat yang cukup. Waktu tidur yang ideal adalah 6-8 jam per hari. Atur waktu aktifitias harian Anda sehingga Anda bisa cukup istirahat sehingga tubuh Anda tetap fit dan dapat beraktifitas secara maksimal.

Demikian informasi tentang Waspada penyakit Ketika Musim Hujan, Anda punya Tips lainnya? senang sekali apabila anda Mau berbagi dengan pengunjung Blog Bisnis Warung.
Gambar: azirock74.blogspot.com
Load disqus comments

0 komentar