Thursday, May 16, 2013

Tips Belanja Barang Curah

Tips Belanja Barang Curah-Pernahkan Anda membeli Gula merah yang lembek?Tentu sangat mengecewakan buat Anda Bukan?Memang begitulah resiko berbelanja barang curah atau barang yang cara menjualnya ditimbang dulu karena rata-rata dijual dalam kemasan dus atau karung misalnya Gula Pasir,Terigu,Minyak goreng curah,Gula merah dan lain-lain sehingga apabila barangnya jelek tidak terlihat setelah dibuka baru ketahuan.
Nah kali ini saya akan berbagi Tips Belanja Barang Curah namun saya hanya mengkhususkan 4 barang saja karena barang tersebut yang sering terdapat masalah.Berikut ulasan selengkapnya:

Gula Merah Pak Tani
1.Gula Pasir.Pilih gula pasir yang berwarna kuning dan fisiknya kasar dan  betul-betul kering jangan sampai mendapatkan yang basah/berair. Alasan memilih yang berwarna kuning karena menurut keterangan pedagang kue gula pasir ini rasanya lebih manis dibandingkan dengan warna yang putih.Umumnya pembeli menginginkan gula pasir yang warnanya kuning.Namun apabila anda menginginkan harga yang murah anda bisa memilih gula pasir rafinasi biasanya warnanya putih dan fisiknya halus.Saya sendiri menyediakan 2 jenis gula pasir yang paling mahal dan yang paling murah jadi kalau pembeli maunya yang murah atau yang bagus tersedia semua.Semuanya tergantung pelanggan kalau mau yang mana saja lebih baik menyediakan satu macam gula pasir saja.
2.Terigu.Pilih terigu yang kemasannya(karung) masih bagus karena terkadang kalau terigunya terlalu lama disimpan digudang bisa saja ada kutunya.Sediakan minimal 2 macam terigu.Umumnya yang dipakai para pedagang makanan yaitu merk Segitiga Biru dan Lencana Merah.Namun kalau anda menginginkan harga yang lebih murah anda bisa menyediakan terigu selain merk tersebut.
3.Minyak Goreng.Pilih minyak goreng yang berwarna kuning keemasan dan bening.Hindari membeli minyak goreng yang warnanya keruh apalagi yang beku/Tidur.Supaya harganya bisa bersaing beli sekaligus 1 jerigen isi 16-19 kg.
4.Gula Merah.Pilih yang fisiknya masih utuh tidak hancur dan tidak lembek. Kebanyakan pedagang makanan memilih yang warnanya coklat tua(biasa disebut yang item) karena hasil kuenya bagus tidak pucat.Dipasaran ada 2 macam kemasan yang menggunakan plastik dan yang menggunakan kardus biasanya berisi 10 kg tapi yang kemasan kardus kualitasnya lebih baik jarang lembek dibandingkan dengan yang plastik namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang kemasan plastik.Jika anda lebih memilih yang kemasan plastik jangan lupa teliti ketika membeli.

Tips Belanja Barang Curah diatas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saya bisa jadi menurut anda bebeda.Anda memiliki tips yang lain?Senang sekali apabila anda mau berbagi dengan pembaca Blog Bisnis warung.
Load disqus comments

0 komentar