Monday, August 18, 2014

Tips Cerdas Membeli Motor Bekas

Tips Cerdas Membeli Motor Bekas,Bagi pebisnis toko kelontong Motor merupakan peralatan yang sangat penting untuk kelangsungan bisnis.Fungsi utama antara lain untuk belanja barang ke agen atau Mengantar barang ke pelanggan.Meskipun belanja barang sebenarnya tidak harus membawa sendiri bisa minta diantar atau belanja ke distributor yang diantar namun tidak semua Agen memberikan layanan antar atau tidak semua barang ada di distributor dan tidak semua barang ada di satu Agen apalagi jika Toko kelontong anda ramai pembeli,Jadi suka atau tidak anda akan belanja ketempat lain yang tentu saja membutuhkan alat transportasi yang  umumnya menggunakan motor.

Membeli Motor Bekas

Motor sangat dibutuhkan jika toko kelontong anda menyediakan layanan antar terutama untuk barang-barang yang berat misalnya Gas Elpiji,Aqua Galon,Air isi ulang atau beras.Pertanyaannya  Pilih mana menggunakan Motor baru atau motor bekas?Menurut saya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.Jika anda memilih membeli motor baru kelebihannya antara lain Kualitasnya terjamin,Mesin Orisinil,lebih awet dan Atas Nama sendiri.Kelemahannya Harganya Mahal dan Rawan Pencurian dan Bodinya cepat rusak jika sering digunakan untuk mengangkut yang berat-berat.

Sedangkan Motor bekas Harganya lebih murah sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada.Sekedar berbagi pengalaman belum lama ini saya membeli motor bekas tahun 2006 harganya 3,7 juta kondisinya masih bagus dan surat-surat lengkap.Kekurangannya Tidak mudah menemukan motor yang layak pakai terutama kondisi mesinnya butuh ketelitian.Lalu bagaimana tips membeli motor Bekas agar mendapatkan motor yang sesuai keinginan?Tips berikut ini mungkin bermanfaat untuk anda berdasarkan pengalaman dan info dari berbagai sumber.

1.Utamakan mencari motor bekas dari orang-orang terdekat bisa saudara,tetangga,atau teman tujuannya supaya anda lebih mudah untuk mengetahui  kondisi motor sebenarnya dari tahun pembuatannya,Sebelumnya digunakan untuk apa,Kondisi fisik,Mesin serta kelengkapan surat-surat.Jika anda tidak segera menemukan motor  bekas usahakan minta tolong dicarikan informasi ke orang terdekat jika ada yang akan menjual motor. Jika  sedang beruntung anda bisa menemukan orang yang akan menjual motor dimana motornya jarang dipakai  sehingga kondisinya masih bagus.
2. Untuk mendapatkan motor dengan kondisi mesin yang bagus anda bisa bekerja sama dengan bengkel motor langganan atau yang anda kenal.Karena biasanya Bengkel motor memiliki pelanggan dan jika akan menjual motornya terkadang minta bantuan Bengkel untuk dicarikan pembeli sehingga Bengkel tersebut lebih tahu kondisi Mesin.
3.Utamakan membeli motor dengan Plat Nomor masih satu daerah misalnya anda dari bekasi cari motor yang asalnya dari bekasi juga.Hal tersebut bisa diketahui dengan melihat STNK.Tujuannya agar mudah ketika balik nama dan biayanya lebih murah.Sekedar buat pengetahuan,Biaya balik nama jika lain wilayah ternyata lebih mahal.Kemarin saya balik nama melaui biro jasa  sedangkan asal motor tersebut dari luar wilayah Biayanya bisa mencapi 1 jutaan,Mahal Bukan?  
4.Usahakan membeli motor dari tangan pertama dengan begitu akan lebih mudah mengetahui kondisi motor sesungguhnya selain itu akan memudahkan dalam memperpanjang STNK Jika anda berniat untuk tidak balik nama.
5.Jangan sungkan-sungkan untuk mencoba menggunakan motor /Test Drive yang akan anda beli dengan jarak kurang lebih 500 m dan perhatikan kondisi motor dengan seksama.
6.Kenali ciri-ciri motor dengan Mesin yang Masih bagus karena yang lebih penting mesinnya dulu baru ke bagian yang lain.Perhatikan hal-hal berikut ini:
-Perhatikan perpindahan disemua Gigi apakah ada masalah pada handling ketika dijalankan diberbagai kecepatan.Jika perpindahan terasa sulit menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis dan jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan kemungkinan gigi primernya akan segera habis.
-Cek dibagian mesin apakah terdapat oli yang bocor.
-Perhatikan asap knalpot jika berwarna hitam mengindikasikan ada masalah pada pembakaran jika berwarna putih berarti silinder dan piston sudah aus dan untuk men-servicenya butuh dana yang tidak sedikit.
-Perhatikan suara mesin jika kasar berarti ada masalah.
7.Periksa kondisi fisik motor dengan seksama terutama bagian bodi lurus atau tidak dilihat dari posisi ban dan belakang jika tidak lurus kemungkinan pernah tertabrak.Periksa gear dan rantai sudah lancip atau kendur,Cek juga sistim kelistrikan apakah semua lampu bekerja dengan baik,Starter masih bekerja atau tidak termasuk kondisi velg dan Ban Luar.
8.Jangan tergiur harga yang murah apalagi jika surat-suratnya tidak lengkap.Lebih baik harga diatas pasaran namun kondisi mesin dan fisik masih bagus.  

Bagaimana Tips memilih motor bekas menurut pengalaman anda?Silahkan berbagi dengan pengunjung Blog Bisnis Warung.
Load disqus comments

0 komentar