Monday, October 27, 2014

8 Alasan Orang Tertarik Belanja ke Minimarket

8 Alasan Orang Tertarik Belanja ke Minimarket-Coba Anda amati wilayah disekitar pemukiman anda apakah luput dari kehadiran Minimarket?Jika luput anda termasuk beruntung karena toko kelontong anda sedikit Aman.Kehadiran minimarket sekarang sudah menjadi pemandangan yang biasa.Disetiap lokasi-lokasi yang strategis hampir bisa dipastikan terdapat minimarket dan bahkan 2 pemain besar sepertinya sudah berpasangan disitu ada alfamart didekatnya ada Indomaret belum lagi minimarket-minimarket lainnya bahkan hypermarket juga mulai masuk ke pemukiman padahal dulunya hanya ada di Mall-mall besar.

Minimarket
Bagi pebisnis toko kelontong  fakta ini akan sangat mempengaruhi secara signifikan omset toko kelontong yang berada disekitar minimarket apalagi jika posisi tokonya sangat dekat bagaimana tidak barang yang dijual sama seperti yang dijual ditoko kelontong bahkan boleh dibilang lebih lengkap dan kenyataannya Banyak orang yang lebih tertarik belanja ke minimarket dari pada ke toko kelontong.


Nah…pada kesempatan kali ini saya mencoba menganalisa kenapa orang lebih tertarik belanja ke minimarket dari pada ke toko kelontong.Sebelumnya saya sudah membahas 10 Alasan Orang Enggan Ke Minimarket yang intinya mecari kekurangan dari minimarket untuk dijadikan celah untuk memancing pembeli.Namun kali ini kebalikannya yang dibahas adalah kelebihan-kelebihan minimarket dengan harapan walaupun sulit untuk bisa seperti minimarket paling nggak ada satu atau dua hal yang bisa mendekati sehingga toko anda masih diminati pembeli.Berikut ini 8 Alasan orang tertarik belanja ke minimarket.


1.Harga Murah.Kelebihan inilah faktor utama yang membuat pembeli tertarik belanja ke minimarket apalagi jika harganya sedang promo bisa lebih murah dari agen sekalipun.Kok tahu?Saya sendiri terkadang belanja ke minimarket untuk dijual kembali ditoko kelontong.Dan menurut saya antar minimarket juga terjadi persaingan sehingga terkadang harga diminmarket yang satu dengan yang lain terjadi“perang harga”.Saya pernah cek beberapa barang misalnya harga susu bendera sachet di minimarket jika diagen dijual Rp.7000/pak diminimarket bisa Rp.6900.
2.Lokasi Strategis.Umumnya lokasi minimarket strategis dimana berada dilokasi yang mudah dijangkau,parkir luas dan Bebas ongkos Parkir.
3.Promosi Konsisten.Secara rutin minimarket dalam periode tertentu melakukan promosi door to door dengan membagikan brosur atau promosi produk tertentu dengan menawarkan harga yang cukup murah.
4.Pelayanan Bagus.Minimarket didukung oleh tenaga kerja trampil minimal lulusan SLTA yang dituntut oleh manajemen untuk bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen tengok saja mereka sangat ramah,sopan dan murah senyum selain itu didukung pula peralatan untuk transaksi yang modern sehingga minim sekali kesalahan bahkan pembayaran bisa menggunakan kartu kredit.
5.Pengelolaan Modern&Profesional.Minimarket layaknya sebuah perusahaan yang dikelola dengan manajemen yang baik dan didukung tenaga profesional serta distribusi barang yang baik sehingga stoknya selalu terjaga.
6.Gaya Hidup.Bagi sebagian orang aktifitas belanja di minimarket merupakan bagian dari Gaya Hidup artinya seperti sebuah kewajiban kalau tiap bulan habis gajian harus belanja kebutuhan bulanan diminimarket sekaligus untuk rekreasi bagi anak-anak mereka.
7.Barang Lengkap.Hampir sebagian besar kebutuhan rumah tangga tersedia di minimarket.Hal ini sangat wajar terjadi karena rata-rata minimarket didukung oleh distributor-distributor besar sehinga setiap ada produk baru minimarket menjadi ujung tombak pemasaran Lihat saja iklan ditelevisi disitu disebutkan produk ini tersedia di minimarket ini dan itu.
8.Brand Terkenal.Beberapa minimarket merupakan merupakan perusahaan retail berskala nasional artinya tersebar diseluruh Indonesia apalagi dengan promosi di media membuat keberadaannya sangat dikenal dimasyarakat sehinga tak heran jika ada cabang baru disuatu pemukiman akan mendapat sambutan yang baik.


8 Alasan orang tertarik belanja ke minimarket diatas hanyalah menurut hasil analisa saya bisa saja berbeda menurut pandangan anda.Mudah-mudahan bisa menjadi bahan intropeksi supaya pengelolaan toko kelontong anda menjadi lebih baik.
Load disqus comments

2 komentar