--> Skip to main content

Lokasi Toko Kelontong Kurang Strategis Bisakah Sukses?

Lokasi Toko Kelontong Kurang Strategis Bisakah Sukses?-Harus diakui faktor lokasi toko kelontong memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan sebuah bisnis toko kelontong apabila lokasinya strategis asalkan dibarengi dengan strategi bisnis yang jitu peluang kesuksesan akan semakin terbuka namun bagaimana jika lokasi toko kelontongnya ternyata kurang strategis apakah bisa sukses? Baru-baru ini saya mendapatkan pertanyaan dari melalui fans page Bisnis Warung yang mengirimkan pertanyaan yang isinya kurang lebih sebagai berikut:

“Boleh Minta saran? Saya buka usaha warung tapi tempatnya didalam gang sehingga bisa dikatakan jarang orang yang lewat.Paling-paling pembeli tetangga dekat saja.Ditempat yang berada didepan jalan yang banyak orang lewat ada beberapa warung pesaing.Ada 1 warung yang sangat laku padahal tempatnya biasa saja hanya rumah biasa saja dan penjualnya merupakan warga pendatang tapi cepat akrab dengan masyarakat sehingga banyak pelanggannya.Kira-kira bagaimana cara menghadapai strategi seperti ini?”

Toko Grosir

Saya ucapkan terima kasih atas kiriman pertanyaannya dan saya akan mencoba membantu berdasarkan pengalaman saya selama ini.Saya memahami kegelisahan anda karena saya juga merasakan betapa ketatnya persaingan dibisnis toko kelontong padahal lokasi toko kelontong saya termasuk strategis namun karena banyaknya toko kelontong saya tak kuasa menolak persaingan itu dan yang membuat pelanggan pindah ketoko lain karena ada toko baru yang posisinya menghadang pembeli maksudnya pembeli akan melewati toko baru tersebut sehingga meskipun harga yang saya tawarkan sudah murah namun karena ada rasa tidak enak atau lebih dekat akhirnya pelanggan saya lebih memilih belanja ketoko pesaing saya.Baca juga : 6 Strategi Menghadapi Pesaing 

Dalam kasus yang anda alami penyebabnya karena lokasi toko kelontong anda kurang strategis karena tidak berada dijalur lalu lintas warga sehinggga bisa jadi keberadaan toko anda tidak dikenal oleh masyarakat pada umumnya dan masalah berikutnya sudah ada toko pesaing yang lokasinya lebih strategis karena berada didepan jalan yang ramai.Kelemahan toko kelontong yang letaknya kurang  strategis akan mengakibatkan pembelinya hanya itu-itu saja(Tetangga dekat).

Walaupun cukup sulit untuk menghadapi persaingan yang anda alami menurut saya yang bisa anda lakukan adalah melakukan promosi sesering mungkin misalnya dengan rutin membagikan brosur atau bisa juga melalui social media misalnya membuat halaman khusus di facebook lalu undang teman sebanyak-banyaknya yang dekat dengan lokasi toko anda.

Kemudian anda bisa melakukan pemasaran secara langsung artinya mendatangi pembeli langsung(Door to door) dengan berkeliling.Coba anda tawarkan barang barang kebutuhan pokok sebagai barang pancingan misalnya beras dengan harga yang murah sambil anda mempromosikan toko kelontong anda lakukan secara rutin saya yakin lama-kelamaan toko anda akan semakin dikenal.

Cara berikutnya adalah jika anda memiliki modal yang besar coba buat toko anda menjadi semi agen/grosir dengan cara ini maka toko anda akan berpeluang mendapatkan pelanggan dari para pemilik warung jadi tidak hanya menjual secara eceran.Pemasarannya anda bisa lakukan seperti cara yang sudah saya sebutkan diatas datangi setiap warung khususnya yang kecil tawarkan barang-barang kepada mereka jika banyak pelanggan saya yakin toko anda akan semakin ramai bahkan bukan tidak mungkin pembeli akan datang sendiri namun agar cara ini berhasil harga yang anda tawarkan harus bersaing dengan agen tapi menurut hemat saya warung-warung kecil biasanya belinya dalam partai kecil misalnya rencengan bukan dus-dusan kecuali minuman ringan jadi beda harga sedikit tidak masalah.

Demikianlah jawaban saya atas pertanyaan anda semoga bisa membantu terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar