--> Skip to main content

Perlukah Meminjam Modal Agar Toko Kelontong Berkembang?

Bisniswarung.blogspot.com,Perlukah Meminjam Modal Agar Toko Kelontong Berkembang?-Halo…para pebisnis toko kelontong dimanapun anda berada…pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari pengunjung blog bisnis warung.Kali ini pertanyaan datang dari Bapak Dodi,Beliau sudah sekitar 3 tahun buka toko kelontong dan omsetnya saat ini 1 juta per hari.

Pertanyaannya adalah apakah omset sebesar itu sudah bagus karena sebelumnya tidak ada pengalaman sama sekali dan pertanyaan berikutnya adalah apakah perlu meminjam modal yang cukup besar untuk meningkatkan omset?

Perlukah Meminjam Modal

Baiklah saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari Pak Dodi.Jika toko bapak baru buka mendapatkan omset 1 juta sudah termasuk bagus khususnya jika toko kelontong bapak hanya mengecer namun bagaimana jika sudah 3 tahun tapi omsetnya masih segitu-gitu juga alias tidak ada peningkatan?

Menurut saya tergantung dari berapa modal barang yang sudah dibelanjakan misalkan modalnya hanya 10-20 juta omset sebesar itu masih cukup lumayan bagus namun jika modal barangnya lebih dari 30 juta omset sebesar itu termasuk sepi kenapa demikian karena modal sebesar itu saya yakin item barangnya banyak jadi peluang mendapatkan omset yang lebih besar masih cukup terbuka lebar.

Baca juga :
Haruskah Mencari Karyawan untuk operasional toko kelontong?
Barang-barang yang cepat laku dijual ditoko kelontong baru
Cara Meningkatkan Omset Toko Kelontong Baru

Bisa jadi omset dari toko kelotong Bapak Dodi ini tidak mengalami peningkatan karena mungkin barangnya kurang lengkap.Salah satu cara untuk meningkatkan omset yaitu dengan memperbanyak barang namun resikonya harus mengeluarkan modal lagi.Disinilah terkadang menjadi masalah karena untuk memperbsar toko kelontong dibutuhkan modal yang tidak sedikit apalgi jika berencana menjual barang  secara grosir atau toko semi agen.

Bagaimana jika meminjam modal misalnya ke Bank melalui KUR atau lainnya? Menurut saya sebaiknya jangan dulu karena belum tentu setelah tokonya diperbesar toko akan semakin ramai karena tergantung dari banyak faktor seperti lokasi,harga atau pelayanan.Lebih baik menambah item barang sedikit demi sedikit yang penting komplit apalgi jika bapak Dodi tempatnya milik sendiri dan bisnis toko kelontong bukan pekerjaan utama atau hanya sampingan.Lebih baik memutar keuntungan yang ada untuk mengembangkan bisnis toko kelontong.

Demikianlah Jawaban yang bisa saya sampaikan atas pertanyaan dari Pak Dodi, Perlukah Meminjam Modal Agar Toko Kelontong Berkembang? Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar