Powered by Blogger.
Home » » 17 Kunci Sukses Bisnis Toko Kelontong

17 Kunci Sukses Bisnis Toko Kelontong



Bisnis Toko Kelontong17 Kunci Sukses Bisnis Toko Kelontong-Siapa sih yang tidak ingin usahanya sukses?tentu semua pelaku bisnis ingin bisnisnya sukses.Namun bagi yang baru menekuni bisnis pasti akan bertanya bagaimana sih agar bisnis saya bisa sukses?Karena blog ini khusus untuk membahas tentang bisnis toko kelontong maka saya hanya ingin berbagi tips agar bisa sukses dalam menekuni bisnis toko kelontong.Namun sebelumnya saya akan mencoba menafsirkan dulu ukuran kesuksesan menurut saya tentunya.Anda boleh sependapat boleh tidak sekedar masukan untuk bisnis anda.
Bagi saya bisnis bisa dikatakan sukses ada beberapa tahap:
1.Ada pembeli yang datang ke toko.Hal ini menunjukan toko anda menarik minat orang untuk membeli.
2.Jumlah pembeli semakin hari bertambah banyak.Hal ini menunjukkan toko anda mulai dikenal warga sekitar.
3.Jumlah pelanggan mengalami peningkatan.Hal ini menunjukkan ada kelebihan tersendiri pada toko anda sehingga membuat pembeli ingin beli lagi ke toko anda.
4.Penghasilan dari toko bisa untuk menutupi bea operasional toko serta biaya hidup sehari hari.
5.Bisa menyisihkan penghasilan toko untuk mengembangkan usaha toko.
Untuk bisa mewujudkan hal-hal diatas harus ada usaha yang keras dan tekun.

Bagi anda yang berencana atau baru memulai Bisnis toko kelontong tidak ada salahnya mempertimbangkan hal-hal berikut agar bisnis anda mencapai kesuksesan seperti yang anda inginkan.
Berikut ini beberapa hal yang merupakan kunci kesuksesan bisnis toko kelontong diantaranya: 

1.Modal.Tanpa modal yang memadai rasanya sulit meraih kesuksesan.Namun memiliki modal yang besar bukan jaminan bisa sukses.Untuk tahap awal minimal barangnya lengkap walaupun jumlahnya sedikit.
2.Posisi toko strategis.Mudah dijangkau,terlihat ,depan jalan yang lebar,lalu lintas warga,ditengah pemukiman padat,parkir memadai.
3.Menentukan Harga.Salah satu daya tarik pembeli adalah harga yang murah.Namun tidak harus semua murah karena margin keuntungan juga sedikit.Untuk itu harus ada strategi khusus agar toko anda dikenal harganya murah namun sebenarnya tidak semuanya.
4.Pintar mencari barang.Salah satu faktor yang bisa membuat harga murah adalah pintar mencari agen.Terkadang harga antara agen satu dengan yang lainnya berbeda.Demikian pula dengan kelengkapannya.
5.Pelayanan.Pembeli akan senang apabila anda ramah dan sabar dalam melayani pembeli.Jangan mudah marah apabila ada pembeli yang menawar harga sangat murah.Disamping itu layanan antar dan pemasangan regulator elpiji juga bisa membuat pembeli balik lagi ketoko anda tentu saja layanan antar untuk  jumlah belanja yang banyak atau berat misalnya elpiji 12 kg,Aqua galon,Beras.Bisa juga dengan cara belanja lewat telepon atau sms.
6.Kelengkapan Barang.Salah satu karakter pembeli adalah sekali belanja semua kebutuhannya tersedia semua ditoko jadi tidak perlu ketoko lain.Terkadang pembeli mencari barang ditoko lain tidak ada tapi karena di toko anda ada akhirnya jadi tahu toko anda secara tidak langsung anda sudah mempromosikan toko anda.
7.Cara memajang barang.Terkadang pembeli tadinya tidak berniat membeli tapi karena melihat barang ditoko jadi membeli.Untuk itu pajanglah barang semenarik mungkin,gampang dilihat dan toko terlihat penuh koleksi barangnya.
8.Komunikasi yang baik.Seperti kata pepatah pembeli adalah raja.Jangan malas untuk bertanya dulu apa yang dicari misalnya barang yang dicari tidak ada tawarkan barang lain yang sejenis.Jawab pertanyaan apabila pembeli ingin tahu suatu produk atau harga.Terkadang pembeli setelah bertanya lain hari membeli.
Khusus untuk pelanggan tetap toko anda untuk menjalin keakraban ciptakan obrolan ringan ketika pelanggan anda berbelanja hal tersebut akan membuat “Nyaman”belanja ditempat anda dengan catatan bila keadaan toko tidak ramai pembeli.
9.Kendaraan.Walaupun ada agen yang menyediakan layanan antar lebih menguntungkan apabila mencari barang sendiri.Anda lebih leluasa mencari agen dengan harga termurah dan tidak semua barang ada di satu agen terkadang anda harus mencari di agen lain.Oleh karena itu kendaraan minimal motor sangat dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.
10.Kalkulator.Walaupun terlihat sepele namun alat ini sangat vital.Bayangkan kalau anda menghitung banyak barang tanpa kalkulator,bisa-bisa anda mencari untung malah buntung/rugi.Sediakan kalkulator dengan ukuran sedang dengan tutsnya yang tidak terlalu keras.Cari kalkulator yang ada CHECK nya untuk menghindari kesalahan.
11.Usia Toko.Biasanya orang akan lebih memilih belanja ke toko yang sudah lama eksis apalagi sudah jadi pelanggan.Disamping sudah nyaman juga cocok dengan pelayanannya.Biasanya yang bisa membuat orang pindah toko karena harga yang lebih murah.
12.Memanfaatkan Momen-momen tertentu.Ada barang yang sangat laku diwaktu-waktu tertentu.Misalnya Sirup ketika bulan puasa,Keperluan Dapur ketika lebaran.Minuman gelas kemasan ketika Agustus-an.Buku tulis ketika tahun ajaran baru dan lain lainnya.Anda harus hafal momen-momen tersebut kalau sampai terlewat sayang rasanya.
13.Nama Toko.Buat nama toko yang simpel dan gampang diingat sehingga memudahkan orang yang akan mereferensikan toko anda.Untuk pengiriman barang juga akan lebih mudah.Usahakan warga disekitar toko anda mngetahuinya.Selain itu anda bisa juga memasang spanduk yang menyertakan nama toko anda.
14.Promosi.Apalagi apabila anda tokonya baru buka promosi harus gencar di lakukan.Bisa dengan cara bagi-bagi brosur kepada warga sekitar,pasang ditempat strategis,atau menyiapkan brosur ditoko.Bisa juga dengan memasang harga yang besar untuk barang yang murah sehingga setiap orang yang lewat akan lihat,bisa jadi orang tersebut mereferensikan ke warga lainnya.
15.Memilih Agen.Pilihlah agen yang terlengkap dan termurah untuk efesiensi waktu serta menentukan harga eceran yang bersaing.Agar selalu mendapatkan harga yang termurah usahakan memilih agen langganan lebih dari satu selain itu bisa sebagai alternatif apabila satu agen barangnya kosong bisa mencari di agen lainnya.                                              
16.Jam Operasional yang panjang.Usahakan buka toko sepagi mungkin dan tutup tidak terlalu sore.Karena yang anda jual adalah kebutuhan sehari-hari dari pagi sampai malam ada saja yang dibutuhkan orang.
17.Jujur.Usahakan selalu menunjukkan kekurangan kalau memang barang yang anda jual ada cacatnya untuk menghindari kekecewaan pembeli.Dalam hal pembayaran selalu teliti kalau memang lebih kembalikan lagi kepada pembeli.Demikain juga apabila ada barang pembeli yang tertinggal simpan untuk dikembalikan.

Saya rasa tips mengenai 17 Kunci Sukses Bisnis Toko Kelontong sudah panjang lebar.Sekarang Anda tinggal “action” untuk mempraktekkannya?Akhir kata tiada kesuksesan tanpa ketekunan dan kerja keras.Salam Sukses!

29 comments:

  1. Sangat menarik dan menjanjikan sekali bisnis toko kelontong, Saya sebagai produsen peralatan rumah tangga mengakui bahwa bisnis ini tak kenal musim. Pengalaman saya,banyak pelanggan saya yang sekarang besar dan maju mereka memulai dari omzet yang kecil.

    Kepada Bapak/ibu yang ingin konsultasi mengenai toko kelontong dan hal hal yang berkaitan denganya saya membuka diri untuk berbagi pengalaman.

    Hubungi saya di:
    INDONESIAHOUSEWARES
    Ngunut LK II RT 03 RW 01, Tulungagung. Jawa timur.
    Telpon : 085 880 265 316 / 081 282 097 501
    Pin BB : 28BCA395
    Fax : 0355 - 396177
    Email : indonesiahousewares@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Saya sangat tidak setuju kalau modal itu diletakan dibagian paling atas kawan,memang keberadaan modal bagi seorang pebisnis adalah hal utama ,akan tetapi sebenarnya hal itu bukanlah nomer satu,banyak sekali para usahawan yang melakukan usahanya tanpa modal sama sekali,mulai dari zero Rupiah.Keberadaan modal seperti halnya sebuah fuel saja untuk mematangkan bisnis ini,akan tetapi bukan merupakan ingredient ( bagian dari resep) kesuksesan berbisnis.Jadi buat teman-teman yakinlah modal bukan segalanya untuk memulai bisnis.Tetap semangat....

    ReplyDelete
  3. @Bodin Lingga:Untuk bisnis lain mungkin bisa namun untuk bisnis toko kelontong rasanya sulit.Sarana dan prasarana butuh modal,belanja barang butuh modal.Bayangkan untuk menyediakan 1 jenis saja,misalnya sembako butuh modal yang lumayan belum jenis barang lainnya.

    ReplyDelete
  4. terimakasih harus banyak belajar maju kang

    ReplyDelete
  5. banyak saingan yang keunggulannya barang bisa dihutangin, walaupun harga kita dibawah dia tapi tetep orang milih yang bisa dihutang, gimana solusinya? BY JASA KAMBING AQIQAH terimakasih

    ReplyDelete
  6. Nggak jaminan juga toko yang bisa dihutang pasti rame pembeli justru sangat beresiko bagi kelangsungan usaha itu sendiri bahkan ada rekan bisnis yang gulung tikar gara2 memakai sistem hutang.Anda masih berpeluang menggaet pembeli,karena ada tipe pembeli kalau ada duit nyari yang murah tapi kalo nggak ada baru ngutang atau Giliran dia harus bayar dia nggak bisa bayar akhirnya membeli ketempat lain dan nggak semua pembeli mau ngutang.
    Solusi terbaik menghadapi pesaing menurut saya fokus pada keunggulan anda,cari kekurangan pesaing,Bertanya kepada rekan yang lebih berpengalaman,keluar dari persaingan/fokus pada strategi sendiri dan diversifikasi usaha misal depot isi ulang.

    ReplyDelete
  7. saya sudah menekuni usaha ini 8 thn...posisi warung saya ada dipojok gank..alhamdulilah karena harga yg sy berikan murah...warung saya mendapatkan julukan warung semi agen....saya masih membutuhkan sponsor yg mau beriklan di warung saya sekalian promoin warung saya....

    ReplyDelete
  8. Wah sangat menarik banget nih informasinya, terimakasih banyak

    ReplyDelete
  9. Mohon infonya dimana alamat agen agen kelontong di jawa timur gan, trims

    ReplyDelete
  10. Gan, kira" margin berapa % (terendah dan tertinggi) bisa diambil keuntungan dalam suatu harga barang?

    ReplyDelete
  11. Selengkapnya Lihat di 10 Strategi Menentukan Harga Jual.Intinya tidak selalu memakai prosentase bisa dikombinasikan dengan pengambilan untung persatuan sekian rupiah.

    ReplyDelete
  12. gan cara posting yang benar gimana???
    supaya blog kita cepat terindek goggle..
    makasih

    ReplyDelete
  13. Terima kasih atas tipsnya..!sangat bermanfaat.sekarang saya sudah memiliki warung walau isinya masih kurang lengkap.

    ReplyDelete
  14. makasih banyak atas tipsnya kang.aku baru mau memulai usaha toko kelontong sembako.modal awal kira-kira berapa juta ya yang pas?

    ReplyDelete
  15. Saya mau mulai usaha toko di bogor, mohon minta infonya gan untuk tempat pembelian barang yg murah. Jika ada yg berbaik hati berbagi ilmu minta infonya .hp 0818105066 .makasih

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah . . .
    Terima kasih banyak , tipsnya masuk banget

    ReplyDelete
  17. liat bisnisnya dulu apa...klo bisnisnya bergerak di bidang jasa ya modal bukan yang utama. tapi klo bisnisnya perdagangan ya modal itu tetap harus ada..klo kagak ada modal apa yng mau anda dagangkan.

    ReplyDelete
  18. Dari pengalaman saya, bisnis warung ini modalnya ga banyak. Yg paling penting adalah lokasi strategis. Nanti supplier pada ngutangin barang2nya. Asal kita jujur dan kompeten, ga masalah.
    Biasnya cons goods yg besar2 seperti Arta boga, Indomarco, Wings, dst, akan ninggalin barang dulu baru dibayar. Jadi modal ga terlalu ngaruh.

    ReplyDelete
  19. saya berjualan sembako sudah 3 th modal awal 500 rb sekarang syukur sudah mencapai 5 jt lebih isi warung saya ,mau tanya gimana cara ngambil untung dari setiap barang? apakah tdk terlalu kecil jk ngambil keu ntungan 200 rp pd barang yg harga pokoknya 2250

    ReplyDelete
  20. Dalam menentukan harga jual ada beberapa hal yg perlu diperhatikan: Persaingan,Omset,jenis barang.Semakin banyak pesaing harga harus murah dan memiliki barang yang harganya lebih murah dari pesaing sebaliknya jika jarang bisa bebas menentukan harga.
    Jika barang tersebut omsetnya tinggi/laku keras sebaiknya untungnya jangan terlalu tinggi maksimal dikisaran 10% atau per satuan.Jenis barang juga perlu diperhatikan misalnya sembako jangan terlalu tinggi mengambil keuntungan.Penjelasan lainnya silahkan baca artikel dengan label Tips selengkapnya.

    ReplyDelete
  21. Saya sedang mencari produsen atau pabrikan kantong kresek, atau pe / hdpe, mohon infonya, email: raymond.sitinjak@gmail.com

    Regards
    Raymond

    ReplyDelete
  22. Kira2 Modal Berapa Yg Ideal Untuk membuka toko Kelontongan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 30 juta udah cukup....udah bs jd semi agen.

      Delete
  23. kalau tokonya hanya jual eceran bukan semi agen Untuk Barangnya saja sekitar 30 jt belum termasuk lokasi (kalau sewa) dan peralatan.

    ReplyDelete
  24. bagaimana cara membuka agen mie instan..

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah meluangkan waktu berkomentar diblog ini.Komentar Anda di Seleksi,Komentar Yang Menyertakan Link Aktif, tidak sesuai Topik,Komentar Spam Komentar tanpa Nama Kami tolak !

Note: Only a member of this blog may post a comment.