Sunday, November 11, 2012

11 Ciri Lokasi Strategis


Lokasi Strategis11 Ciri Lokasi Strategis|Langkah pertama yang paling penting ketika memutuskan untuk buka toko kelontong adalah menentukan lokasi toko apalagi bisnis tersebut akan dijadikan sebagai bisnis utama.Prioritas utama tentu menentukan lokasi yang strategis karena akan berpengaruh besar terhadap Kesuksesan Bisnis tersebut.Jangan sampai bisnis yang anda rintis kurang berkembang hanya karena lokasi yang kurang strategis.Apabila anda pemula dan sedang mencari lokasi yang strategis atau anda sudah memiliki lokasi namun belum tahu apakah lokasinya strategis atau tidak gambaran dibawah ini bisa membantu anda dalam menentukannya.
Lokasi bisa dikatakan strategis apabila memiliki ciri-ciri dibawah ini:
1.Lalu lintas warga.Maksud warga disini berarti orang yang tinggal disekitar toko anda dan itulah target pasar utama anda.harap dibedakan antara warga dengan orang umum.Sedangkan untuk orang yang jauh(Orang lewat) dari toko anda target berikutnya.Secara logika orang akan cenderung belanja ke toko yang terdekat dari pada harus jauh-jauh.Kalau lokasinya diperumahan paling nggak posisi Hook/Pojok.
2.Depan jalan besar dan Area parkir yang memadai.Hal ini akan sangat berguna untuk kelancaran bisnis anda misalnya pengiriman barang.Perlu anda ketahui apabila anda mendapatkan barang dari distributor langsung biasanya menggunakan mobil ada yang mobil model minibus ada yang  truk.Nggak kebayang khan kalau posisi anda di jalan yang sempit? Dan juga untuk kenyamanan pembeli apalagi kalau pembeli kebanyakan menggunakan motor tentu dengan tempat parkir yang memadai akan membuat pembeli nyaman.
3.Jumlah pesaing.Semua orang menginginkan tempat yang ramai dan nggak ada pesaing.Tapi rasanya sulit menemukan tempat seperti itu.Bukan rahasia umum lagi kalau tempat yang ramai banyak diincar para pebisnis toko kelontong baik secara sewa atau dibeli.Kalau anda nggak percaya lihat saja keperumahan-perumahan selalu ada toko kelontong ditempat-tempat strategis.Lantas apakah anda akan mengurungkan niat buka toko hanya karena sudah ada pesaing.Sebenarnya Keberadaan pesaing yang lebih dulu eksis apalagi sudah lama dan ramai pembeli bisa menjadi indikator bahwa tempat tersebut berpotensi ramai.Hanya saja yang perlu diperhatikan berapa jumlah pesaing kalau sudah banyak apalagi bermodal besar menurut saya sangat sulit untuk berkembang.
4.Di daerah pemukiman padat.Semakin banyak jumlah penduduk yang ada disekitar toko semakin memperbesar peluang mendatangkan pembeli.
5.Mudah dijangkau.Dengan posisi toko yang mudah dijangkau artinya untuk menuju ke toko aksesnya mudah tidak harus belak-belok apalagi harus mutar muter dulu semakin memperbesar potensi mendatangkan pembeli.
6.Dekat pusat keramaian.Banyak keuntungan dengan posisi toko yang dekat dengan pusat keramaian atau tempat berkumpul banyak orang misalnya Sekolah,Masjid,Kantor pemerintah,Pasar dan lain-lain.Salah satu keuntungannya bisa promosi secara gratis.Anda tidak perlu repot repot promosi keberadaan toko anda karena sudah pasti tiap hari banyak yang melihat toko anda.
7.Multi segmen.Berbagai macam profesi dan lapisan masyarakat ada disitu seperti pegawai,karyawan pabrik,pedagang,Buruh harian,Anak sekolah,kalangan usia dari anak-anak,orang dewasa,orang tua .
8.Keamanan.Merupakan keharusan mempunyai bisnis ditempat/lingkungan yang aman dengan tingkat kriminalitas yang rendah.
9.Kebersihan.Pernakah anda belanja dipasar yang kotor,bau dan becek?tentu anda tidak akan betah berlama-lama disitu beda kalau tempatnya bersih.Begitu juga ditoko,kalau tempatnya bersih tentu pembeli akan betah berada ditoko.
10.Akses jalan lancar.Kondisi jalan menuju toko bagus tidak banyak lubang,aspal masih mulus,Tidak banjir ketika musim hujan,Tidak banyak portal,Polisi tidur,Pungli.
11.Mitra Pendukung.Mitra usaha yang mendukung bisnis khususnya Untuk MendapatkanBarang mulai dari Distributor sampai Agen sangat diperlukan karena Barang yang dijual ditoko kelontong berbagai macam dan jenis barang.Jangan sampai Barang yang dicari pembeli tidak ada hanya gara-gara susah mendapatkan barangnya karena lokasinya jauh dari agen atau jarang agen atau distributor tidak menjangkau lokasi tersebut.

Ke-11 Ciri diatas hanyalah sekedar kesimpulan dari pengalaman pribadi saya bisa jadi kondisinya berbeda dengan pengalaman anda.
Mudah-mudahan tulisan Saya mengenai 11 Ciri Lokasi Strategis bisa membantu anda dalam menentukan lokasi yang strategis untuk toko anda.

Bagaimana menurut anda?Apakah anda memiliki pengalaman yang lain?Senang sekali jika anda mau membagikannya untuk pembaca Blog BisnisWarung.
Salam Sukses.
Gambar: http://www.ciputraentrepreneurship.com

Load disqus comments

2 komentar