11 Ciri Lokasi Strategis

Lokasi bisa dikatakan strategis apabila memiliki ciri-ciri dibawah ini:
1.Lalu lintas warga.Maksud
warga disini berarti orang yang tinggal disekitar toko anda dan itulah target
pasar utama anda.harap dibedakan antara warga dengan orang umum.Sedangkan untuk
orang yang jauh(Orang lewat) dari toko anda target berikutnya.Secara logika
orang akan cenderung belanja ke toko yang terdekat dari pada harus jauh-jauh.Kalau
lokasinya diperumahan paling nggak posisi Hook/Pojok.
2.Depan jalan besar
dan Area parkir yang memadai.Hal ini akan sangat berguna untuk kelancaran
bisnis anda misalnya pengiriman barang.Perlu anda ketahui apabila anda
mendapatkan barang dari distributor langsung biasanya menggunakan mobil ada
yang mobil model minibus ada yang
truk.Nggak kebayang khan kalau posisi anda di jalan yang sempit? Dan
juga untuk kenyamanan pembeli apalagi kalau pembeli kebanyakan menggunakan
motor tentu dengan tempat parkir yang memadai akan membuat pembeli nyaman.
3.Jumlah pesaing.Semua
orang menginginkan tempat yang ramai dan nggak ada pesaing.Tapi rasanya sulit
menemukan tempat seperti itu.Bukan rahasia umum lagi kalau tempat yang
ramai banyak diincar para pebisnis toko kelontong baik secara sewa atau dibeli.Kalau
anda nggak percaya lihat saja keperumahan-perumahan selalu ada toko kelontong
ditempat-tempat strategis.Lantas apakah anda akan mengurungkan niat buka toko
hanya karena sudah ada pesaing.Sebenarnya Keberadaan pesaing yang lebih dulu
eksis apalagi sudah lama dan ramai pembeli bisa menjadi indikator bahwa tempat
tersebut berpotensi ramai.Hanya saja yang perlu diperhatikan berapa jumlah
pesaing kalau sudah banyak apalagi bermodal besar menurut saya sangat sulit
untuk berkembang.
4.Di daerah pemukiman
padat.Semakin banyak jumlah penduduk yang ada disekitar toko semakin
memperbesar peluang mendatangkan pembeli.
5.Mudah dijangkau.Dengan
posisi toko yang mudah dijangkau artinya untuk menuju ke toko aksesnya mudah
tidak harus belak-belok apalagi harus mutar muter dulu semakin memperbesar
potensi mendatangkan pembeli.
6.Dekat pusat
keramaian.Banyak keuntungan dengan posisi toko yang dekat dengan pusat
keramaian atau tempat berkumpul banyak orang misalnya Sekolah,Masjid,Kantor
pemerintah,Pasar dan lain-lain.Salah satu keuntungannya bisa promosi secara
gratis.Anda tidak perlu repot repot promosi keberadaan toko anda karena sudah
pasti tiap hari banyak yang melihat toko anda.
7.Multi segmen.Berbagai
macam profesi dan lapisan masyarakat ada disitu seperti pegawai,karyawan
pabrik,pedagang,Buruh harian,Anak sekolah,kalangan usia dari anak-anak,orang
dewasa,orang tua .
8.Keamanan.Merupakan
keharusan mempunyai bisnis ditempat/lingkungan yang aman dengan tingkat
kriminalitas yang rendah.
9.Kebersihan.Pernakah
anda belanja dipasar yang kotor,bau dan becek?tentu anda tidak akan betah
berlama-lama disitu beda kalau tempatnya bersih.Begitu juga ditoko,kalau
tempatnya bersih tentu pembeli akan betah berada ditoko.
10.Akses jalan lancar.Kondisi
jalan menuju toko bagus tidak banyak lubang,aspal masih mulus,Tidak banjir
ketika musim hujan,Tidak banyak portal,Polisi tidur,Pungli.
11.Mitra Pendukung.Mitra
usaha yang mendukung bisnis khususnya Untuk MendapatkanBarang mulai dari Distributor sampai Agen sangat diperlukan karena
Barang yang dijual ditoko kelontong berbagai macam dan jenis barang.Jangan
sampai Barang yang dicari pembeli tidak ada
hanya gara-gara susah mendapatkan barangnya karena lokasinya jauh dari agen
atau jarang agen atau distributor tidak menjangkau lokasi tersebut.
Ke-11 Ciri diatas hanyalah sekedar kesimpulan dari
pengalaman pribadi saya bisa jadi kondisinya berbeda dengan pengalaman anda.
Mudah-mudahan tulisan Saya mengenai 11 Ciri Lokasi Strategis bisa membantu anda dalam menentukan lokasi
yang strategis untuk toko anda.
Bagaimana menurut anda?Apakah anda memiliki pengalaman yang
lain?Senang sekali jika anda mau membagikannya untuk pembaca Blog BisnisWarung.
Salam Sukses.![]()
Gambar:
http://www.ciputraentrepreneurship.com