--> Skip to main content

Pembeli Itu Raja

Pembeli Itu Raja-Salah satu hal yang harus Anda berikan kepada pembeli adalah pelayanan yang terbaik.
Nah kaitannya dengan hal tersebut Kali ini saya akan berbagi tentang pelayanan prima yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.Dan nggak jauh-jauh saya mengambil contoh dari  agen langganan saya dan yang paling menonjol sebut saja nama tokonya Toko S.Agen ini sebagian besar menjual produk minuman.Bisa dibilang agen ini agen besar disamping menjual ke pengecer juga menjual ke agen kecil.Agen ini ramai pembelinya karena harga yang ditawarkan  murah bisa selisih Rp.500-Rp.1000 per Dus dari agen lain.Memang agen tersebut belanjanya partai besar sampai sampai memiliki gudang tersendiri untuk penyimpanan barang.
Pembeli RajaNamun selain harga yang ditawarkan murah yang perlu saya garis bawahi adalah pelayanannya.Kebetulan saya mengenal pemilik agen tersebut.Dan yang membuat saya salut meskipun dia pemilik agen tersebut  dia tidak sungkan-sungkan untuk melayani pembeli dari awal sampai meninggalkan agen tersebut .Dari pertama saya datang saya sudah disambut ucapan “Nyari apa bos..?”
Kemudian mencatat daftar belanja saya dan setelah saya bayar dia sendiri yang mengambil barangnya sampai menaikkan kemotor saya padahal dia punya karyawan dan sebenarnya bisa saja dia duduk manis dikasir tidak perlu ikut repot turun kelapangan.Dan hal lainnya yang patut ditiru adalah dia tidak segan –segan berkomunikasi dengan saya waluapun hanya obrolan ringan misalnya, “Gimana?ramai ngak tokonya?”atau menanyakan perkembangan harga dan lain-lain dan ketika saya akan pergi dia tidak sungkan- sungkan mengucapkan terima kasih.Bahkan ketika saya hanya kebetulan lewat agen tersebut dia masih menyapa.
Sebaliknya saya punya pengalaman mendapat pelayanan yang kurang memuaskan dari Agen.Terkadang ketika ada stok barang yang cepat laku  sedang habis dan harus segera menyediakannya saya mencari ke agen yang terdekat dimana saja yang penting mendapatkan barangnya kebanyakan harganya lebih mahal dari harga di agen langganan.Karena sering belanja ke banyak agen  sehingga saya jadi tahu cara pelayanan setiap agen.Dan yang paling menyebalkan adalah agen yang “Semau Gue” maksudnya dari pertama saya datang kalau saya tidak minta dilayani ya tidak dilayani jadi seakan-akan mentang-mentang saya yang butuh dan setelah dibayar saya sendiri yang mengambil barangnya ke motor bahkan nggak ada ucapan terima kasih.Jadi walupun nggak sekali dua kali saya belanja namun seperti nggak kenal saja nggak ada tegur sapa sedikitpun
Nah…sekarang kalau anda disuruh memilih enakan mana? belanja ke agen yang pertama atau kedua? Pasti memilih agen yang pertama ya khan.
Dari pengalaman tersebut saya bisa menyimpulkan agar pelayanan  bisa memuaskan pembeli ditoko anda perlu memberikan pelayanan yang maksimal diantaranya;
1.Jangan sungkan sungkan menyapa pembeli bila perlu terapkan 3S(Salam,Senyum,Sapa)
2.Catat/segera penuhi keinginan pembeli.
3.Bila barang yang dibeli banyak kemas yang rapi bila perlu memakai kardus angkat ke motor bila pembeli menggunakan motor.
4.Ciptakan Obrolan ringan sehingga bisa saling mengenal.
5.Jangan lupa mengucapkan Terima Kasih.

Demikian informasi tentang Pembeli itu Raja Semoga bermanfaat,Anda punya tips lainnya Silahkan tambahkan dikomentar Salam Sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar