--> Skip to main content

Cara Meningkatkan Omset Toko Kelontong Baru

Cara Meningkatkan Omset  Toko Kelontong Baru-Baru-baru ini saya mendapatkan pertanyaan dari salah satu pengunjung blog bisnis warung melalui email/form kontak.Pertanyaannya sebagai berikut,Saya buka warung kelontong baru sekitar 10 hari namun pendapatan hanya Rp.300-Rp.400 ribu perhari sedangkan saya buka toko kelontong dengan cara sewa ruko dengan biaya Rp.17 Juta pertahun.Padahal lokasinya cukup bagus hanya memang ada beberapa pesaing.Pertanyaannya mungkinkah toko kelontong saya akan ada peningkatan pendapatan?

Lokasi Toko kelontong
Sewa Ruko cukup mahal

Terima kasih atas pertanyaan yang sudah anda kirimkan kekontak saya dan saya akan mencoba membantu semampu saya sesuai dengan pengalaman saya.Salah satu kendala yang sering dihadapi pelaku bisnis toko kelontong adalah sulitnya mendapatkan tempat yang strategis dan salah satunya karena mahalnya sewa ruko namun namanya juga bisnis semua ada resikonya dan anda memilih untuk menanggung resiko itu.

Awal-awal buka toko kelontong merupakan masa-masa yang paling sulit karena belum memiliki pelanggan tetap dan ditambah harus bersaing dengan toko lain.Menurut saya omset sebesar itu masih wajar karena baru buka sehingga belum banyak orang yang tahu keberadaan toko anda namun harus ditingkatkan lagi karena masih jauh dari omset yang memadai.Dengan sewa tempat Rp.17 juta per tahun berarti sebulan kurang lebih Rp.1.450.000 ditambah bayar listrik kurang lebih Rp.300.000/bulan jadi paling tidak sebulan keluar modal 2 jutaan.

Dengan pengeluaran sebesar itu minimal omset untuk menutupi biaya sewa dan biaya listrik kurang lebih 20 juta perbulan atau Rp.700.000 perhari dengan asumsi keuntungan rata rata 10%.jadi penghasilan harian sekarang masih jauh dari kata ideal.Pertanyaan anda mungkinkah toko kelontong saya akan ada peningkatan omset? Jawabnya masih ada peluang namun sangat tergantung usaha anda dalam memporomosikan toko kelontong anda( cari nama) artinya bagaimana caranya supaya pembeli mau belanja ketoko anda.Baca juga : 8 Kunci Sukses Menjual

Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

1.Perlengkap barang dagangan toko kelontong anda jika memungkinkan belanja partai jika tidak bisa eceran yang penting lengkap meskipun stoknya sedikit.

2.Berikan harga yang murah untuk barang-barang yang sering dicari pembeli misalnya beras,gas elpiji,telor,minyak goreng,gula pasir atau aqua galon.Saya sarankan untuk memberi harga ala grosir misalnya gas elpiji cukup ambil keuntungan 1000 rupiah atau kurang dari itu istilahnyu jual modal dulu maksudnya untuk mengundang minat pembeli apalagi didekat anda sudah ada pesaing.Kasih tulisan besar biar pembeli tahu.Barang yang paling mendatangkan daya tarik adalah beras dan telor.Suatu saat jika toko anda sudah dikenal atau sudah mulai memiliki pelanggan tetap harga bisa sedikti demi sedikit dinaikkan,

3.Anda harus rajin mencari barang yang murah misalnya beras bisa keagen atau supermarket besar yang sedang promo.Memang melelahkan tapi hal ini perlu anda lakukan agar harga jual anda bisa murah.

4.Buat tampilan toko semenarik mungkin intinya toko anda kesannya toko besar atau komplit.Ada trik mudah agar toko kleontong anda terlihat penuh tapi barangnya sebenarnya sedikit misalnya memajang aqua galon,air minum kemasan gelas seperti monair dan gas elpiji atau memajang barang rencengan seperti kopi,rinso,shampo.

5.Sediakan layanan antar karena bisa mendatangkan pelanggan tetap jangan lupa berikan nomor telepon walaupun pembeIi tidak meminta.

Mudah-mudahan jawaban ini bisa membantu meningkatkan omset toko anda namun saya tidak menjamin trik ini berhasil karena banyak faktor lainnya.Mohon maaf jika jawabannya kurang memuaskan.Salam Sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar