--> Skip to main content

4 Jenis Bahan Tambahan Makanan yang perlu Anda Ketahui

4 Jenis Bahan Tambahan Makanan yang perlu Anda Ketahui.Pernahkah anda melihat label “100% Gula Asli” dikemasan minuman ringan? Barangkali Anda berpikir kalau demikian yang tidak ada label”100% Gula Asli” berarti tidak memakai  100% Gula asli?Jawabannya  sebenarnya mudah Anda tinggal melihat komposisi bahan baku yang biasanya tetera di kemasan maupun dikardusnya jika tertulis bahannya pemanis buatan berarti bukan 100% gula asli.Membahas tentang pemanis buatan mungkin anda akan bertanya Apa sih pemanis buatan itu?pemanis buatan atau biasa disebut Gula Biang/Sari Manis merupakan salah satu jenis Aditif Makanan /bahan tambahan tambahan  makanan/minuman  yang digunakan untuk membantu mempertajam rasa manis .
Berkaitan dengan pemanis buatan untuk menambah pengetahuan anda  kali ini saya akan berbagi informasi tentang 4 jenis bahan tambahan/Aditif makanan  yang perlu anda ketahui.Hal tersebut saya pikir masih ada kaitannya dengan bisnis toko kelontong sebab sebagian besar makanan atau minuman yang terdapat di toko kelontong menggunakan bahan tambahan makanan.Masih ingat tulisan saya tentang Sukses Menjual? Salah satunya yaitu pengetahuan tentang barang yang dijual.Dengan mengetahui bahan baku makanan/ minuman yang Anda jual kemungkinan sukses menjual menjadi lebih besar misalnya Ada seorang pembeli yang ingin membeli minuman ringan tapi dia tidak suka yang memakai pemanis buatan kemudian anda bisa menunjukan dengan tepat tentu pembeli tersebut langsung membeli begitu juga sebaliknya.Berikut ini informasi selengkapnya:

Bahan Tambahan Makanan

1.Penguat Rasa.Bahan penguat rasa atau penyedap makanan buatan yang paling banyak digunakan adalah MSG(Monosodium Glutamate) atau lebih dikenal dengan vetsin.Contoh lainnya asam cuka,benzaldehida,amil asetat.Sebenarnya terdapat penguat rasa alami diantaranya:bunga cengkeh,pala,merica,cabai,laos,kunyit,ketumbar.
2.Pemanis.Zat pemanis buatan biasanya digunakan untuk membantu mempertajam rasa manis.Beberapa pemanis buatan yang digunakan adalah sakarin(kemanisannya 500x gula),Natrium siklamat(kemanisannya 50x gula),dulsin(kemanisannya 250x gula),sorbitol dan aspartam.
3.Pengawet.Ada sejumlah cara agar makanan dan minuman tetap layak untuk dikonsumsi walaupun sudah tersimpan lama salah satu caranya yaitu menambahkan zat aditif/bahan tambahan makanan jenis pengawet kedalam makanan dan minuman contoh  pengawet buatan: Natrium Benzoat,Natrium nitrat,Asam sitrat dan asam sorbat.
4.Pewarna.Warna dapat memperbaiki  dan memberikan daya tarik pada makanan dan minuman.Zat warna sintetis  yang digunakan untuk industri makanan contohnya Tartrazin yang merupakan pewarna buatan yang mempunyai banyak macam pilihan warna seperti Tartrazin Cl 19140.Contoh lainnya Sunsetyellow FCF(Jingga),Karmoisin(Merah),BrilliantBlueFCF(Biru).
Hal lain yang perlu Anda ketahui yaitu Bahan Aditif makanan buatan atau sintetis bisa menimbulkan penyakit jika digunakan tidak sesuai dosis oleh sebab itu pemerintah mengatur penggunaan bahan aditif makanan secara ketat dan juga melarang penggunaan bahan aditif makanan tertentu jika dapat menimbulkan masalah kesehatan yang berbahaya seperti yang tertuang di dalam undang-undang RI No.7 tahun 1996 tentang pangan.

Demikian informasi tentang 4 Jenis Bahan Tambahan Makanan Yang perlu Anda Ketahui Mudah-mudahan bermanfaat Terima Kasih atas Kunjungannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar