Peluang Bisnis Toko Kelontong Online
Peluang Bisnis Toko
Kelontong Online-Pernahkah anda membayangkan mempunyai toko yang buka non
stop 24 jam dan menjangkau seluruh Indonesia?Mungkin hal tersebut hanya
angan-angan Belaka.Namun seiring dengan kemajuan teknologi khususnya internet yang bukan lagi barang yang
mahal siapa saja bisa dengan mudah
mengakses internet baik melalui PC,Lap
Top,Hp rasanya hal tersebut bisa menjadi kenyataan.Anda tentu tidak asing dengan
keberadaan Toko Online.Saat ini membeli barang seperti Baju,Kaos,Peralatan Elektronik,Obat-obatan
dan lain-lain bisa dilakukan dari rumah.Memang toko online memiliki keunggulan
yang tidak dimiliki toko offline diantaranya Jam buka dan jangkauannya.Dengan
toko online pembeli bisa kapan saja mengunjungi toko dan jangkauannya luas.Pertanyaannya
Bagaimana jika toko Online diterapkan di toko kelontong?Nah…Kali ini saya
mencoba menganalisa tentunya dengan metode sederhana berdasarkan pengalaman
bertransaksi online.Postingan ini juga sebagai jawaban untuk pengunjung blog ini yang ingin memesan
barang baik lewat komentar ataupun
Kontak.Berikut Analisa selengkapnya.
1.Keunikan Barang.Salah
satu cara agar sukses membuka toko online adalah barang yang dijual benar-benar
dicari konsumen secara online dan tidak mudah ditemukan ditempat lain.Barang-barang
toko kelontong saya pikir sangat mudah ditemukan ditoko-toko offline apalagi
saat ini minimarket sudah menjamur dimana-mana.
2.Menentukan Harga.Prinsip
orang membeli barang salah satunya mencari harga yang termurah,kalau ada yang
murah untuk apa mencari yang mahal.Berdasarkan pengamatan dilapangan harga
barang dipasaran offline cukup murah apalagi disupermarket besar.Jika harga
digunakan sebagai daya tarik pembeli ditoko kelontong online tentu saja
keuntungan yang diperoleh menjadi terbatas.
3.Pengiriman.Umumnya
toko online untuk mengirimkan barang pesanan pembeli bekerja sama dengan Jasa
Ekspedisi dengan tariff/Ongkos kirim per
Kg ada juga COD (Cash On Delivery/Bayar Ditempat) walaupun lokasinya terbatas.Kalau
diterapakan untuk barang-barang toko kelontong jika ongkos kirimnya per kg
tentu harganya jadi Mahal misalnya Gula pasir 1 kg Rp.12000 Ongkir Rp.7000
(Dari Jakarta ke Jabotabek) Total yang harus dibayar Rp.19000.Pilihan Jasa
Ekspedisi lain yang lebih murah yaitu Paket 5 kg Misalnya Rp.15.000(Dari
Jakarta Ke Jabaotabek).Semakin jauh tujuannya semakin mahal ongkos kirimnya .Jika memilih Layanan COD
Fasilitas yang harus disediakan yaitu Kendaraan
dan idealnya Mobil karena daya angkutnya lebih bayak namun konsekuensinya
Modal yang harus dikeluarkan besar untuk membeli kendaraan.Masalah lain berapa
Bea kirimnya?Kalau gratis seperti yang diterapkan dibeberapa toko online tentu sangat memberatkan namun kalau bayar
tentu harus lebih murah dari Tarif jasa ekspedisi.Yang paling Mungkin yaitu
dengan menerapkan kuota misalnya Belanja Rp.1.5 Juta Bebas Bea Kirim.
4.Kompetitor.Menurut pengamatan saya rasanya belum ada toko online yang menjual barang-barang toko kelontong namun saya menemukan beberapa toko online yang menjual sembako dan kebutuhan lain walaupun barangnya terbatas misalnya sukamart.com,sembakoku.com atau jaya-raya.com.Kompetitor terbesar justru dari sistem Offline.Seperti yang saya sebutkan diawal mudah sekali menemukan toko atau Minimarket bahkan supermarket yang menjual barang-barang toko kelontong dan harganya juga cukup murah.
4.Kompetitor.Menurut pengamatan saya rasanya belum ada toko online yang menjual barang-barang toko kelontong namun saya menemukan beberapa toko online yang menjual sembako dan kebutuhan lain walaupun barangnya terbatas misalnya sukamart.com,sembakoku.com atau jaya-raya.com.Kompetitor terbesar justru dari sistem Offline.Seperti yang saya sebutkan diawal mudah sekali menemukan toko atau Minimarket bahkan supermarket yang menjual barang-barang toko kelontong dan harganya juga cukup murah.
5.Kondisi Barang.Salah satu pertimbangan pembeli dalam membeli barang
yaitu kondisi barang tersebut bagus atau tidak walaupun sebagian besar
barang-barang toko kelontong merupakan barang bermerk namun ada beberapa barang yang sulit memberikan gambaran kondisi barang
kecuali dilihat dulu misalnya Beras,Gula merah,Gula Pasir,Bumbu dapur dan
lain-lain.Selain itu ada beberapa barang yang Mudah rusak misalnya Mie instan
yang hancur,atau Minuman ringan bocor.Kendala lainnya masalah berat barang
karena barang-barang tertentu memiliki berat yang lumayan misalnya Air Minum
Kemasan,Beras,Terigu dan lain-lain jika menggunakan jasa ekspedisi ongkos Kirimnya
jadi mahal.Jenis barang juga menjadi kendala dalam pengemasan terutama jika menggunakan
jasa ekspedisi yaitu satu paket kiriman
tidak bisa terpisah-pisah sehingga cukup
merepotkan dalam pengemasannya selain itu antara bahan makanan dan bukan
makanan terutama yang berbau tajam dan zat keras harus dipisah.
6.Fluktuasi Harga.Barang-barang
toko kelontong harganya tidak stabil kadang-kadang berubah apalagi Sembako.Di
Toko online pembeli mengetahui harga suatu barang yang ditawarkan dengan cara mengunjungi
website toko online tersebut.Jika harganya tidak stabil akan sulit menentukan
harga jualnya bisa jadi hari ini belanja sekian besoknya modalnya sudah
naik.Hal ini tentu memerlukan kecermatan dalam mengamati harga pasaran yang
terbaru karena bisa saja barangnya diborong spekulan Karena harganya
ketinggalan.
7.Garansi.Umumnya
toko online menyediakan fasilitas Garansi untuk setiap barang yang dijual dan
apabila ingin klaim ongkos Kirim ditanggung pembeli.Seperti yang sudah
disebutkan diatas ada beberapa barang yang rentan kerusakan baik yang tidak terlihat atau karena proses
pengiriman jika demikian akan beresiko terhadap bisnis itu sendiri dan harga
yang harus dibayar pembeli juga tambah
mahal.
8.Target Pasar.Setiap
bisnis pasti memiliki target pasar yang akan dibidik lalu pasar mana yang cocok
untuk toko kelontong online? Masyarakat umum atau kalangan tertentu saja?Pertama masyarakat umum atau kalangan
rumah tangga yang beli secara eceran rasanya kurang tepat karena mereka lebih
suka belanja yang cepat,murah dan praktis lihat barang,bayar lalu bawa pulang.Kedua pembeli partai besar atau Toko
pengecer saya pikir pasar ini cocok untuk dibidik sebagai gambaran blog ini
walupun tidak menjual namun banyak yang ingin memesan barang.Jika targetnya ini
berarti posisi toko online tersebut sebagai distributor atau agen besar dan
jika demikian berarti harus bersaing dengan distributor resmi yang tentu saja
lebih bepengalaman selain itu
investasinya juga besar.
Kesimpulan :
Peluang Bisnis Toko
kelontong online kurang menjanjikan untuk dikembangkan.Banyak kendala yang
harus dihadapi seperti barangnya mudah ditemukan di toko offline belum lagi
harga dipasaran sudah cukup murah.Kendala lain Cara pengiriman barangnya yang
memerlukan ongkir yang membuat harga
yang harus dibayar jadi lebih mahal belum lagi fisik dari barang toko kelontong
yang rata-rata tidak ringan dan kendala
lain yang sudah disebutkan diatas.
Bagaimana menurut Anda apakah Peluang Bisnis Toko Kelontong Online layak untuk dikembangkan?