4 Strategi Bisnis yang perlu Anda Ketahui sebagai Pebisnis Toko Kelontong
4 Strategi Bisnis yang perlu Anda Ketahui sebagai Pebisnis
Toko Kelontong-Bisnis apapun namanya selalu membutuhkan strategi bisnis untuk
mendapatkan keuntungan yang sebesar-besaranya terlebih lagi jika bisnis
tersebut mudah dilakukan oleh siapa saja seperti bisnis Toko kelontong,asal
punya modal dan tempat bisa langsung memulai bisnis toko kelontong bahkan oleh
seorang ibu rumah tangga sekalipun bisnis ini bisa dijalankan.
Wajar saja jika kemudian pelaku bisnis toko kelontong kian hari semakin bertambah banyak apalagi
dipemukiman yang padat penduduk.Pertanyaannya jika anda menekuni bisnis toko
kelontong tanpa menggunakan strategi bisnis yang jitu apalagi jika pola
pikirannya”Lama-lama juga ada yang beli” apakah anda bisa bersaing dengan toko
kelontong lainnya?Saya yakin toko anda sulit untuk berkembang.
Oleh karena itu stategi bisnis sangat diperlukan agar Bisnis
toko kelontong anda bisa maju pesat.Lantas strategi bisnis apa yang bisa anda
terapkan?Berikut ini ulasan selengkapnya:
Banyaknya barang berperan naikkan omset |
1.Diversifikasi Bisnis.Menurut Wikipedia pengertian Diversifikasi adalah usaha penganekaragaman bidang usaha atau lokasi perusahaan yang dilakukan suatu perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan sehingga arus kas perusahaan dapat lebih stabil, ini dilakukan perusahaan untuk mengatasi krisis ekonomi, sehingga apabila suatu perusahaan mengalami kemerosotan pendapatan di salah satu produk atau negara/daerah, di produk atau negara/daerah lain mendapatkan kelebihan pendapatan, sehingga kekurangan yang terjadi bisa tertutupi. Meskipun strategi bisnis ini banyak kelebihannya namun tidak dianjurkan bagi yang baru memulai usaha karena akan berakibat kurang fokus mengelola bisnis yang sedang dirintis.Jika anda akan melakukan strategi ini pastikan toko kelontong anda sudah mapan,diversifikasi bisnis bisa anda lakukan dengan membuka cabang baru atau membuka bisnis baru namun yang paling aman bisnis tersebut masih berkaitan dengan bisnis toko kelontong.Baca Bisnis pengembangan toko kelontong.
2.Strategi Menyerang.Strategi Bisnis ini bertujuan mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara seperti promosi besar-besaran atau menawarkan harga semurah mungkin.Hal ini umum dilakukan oleh supermarket atau minimarket ternama misalnya saja beli 100 ribu gratis gula pasir,Beli 3 gratis 1 dan lain-lain.Makanya jangan heran terkadang harga di supermarket lebih murah dari pada di agen.Sebagai pebisnis toko kelontong anda juga bisa menerapkannya apalagi jika toko kelontong anda masih baru karena Jika harga yang anda tawarkan sama atau bahkan lebih mahal dari toko kelontong yang lebih dulu eksis kemungkinan pembeli berpindah sangat kecil.Modal sangat berperan besar karena harga barang sangat tergantung berapa banyak anda belanja maksudnya harga eceran beda dengan 1 Dus atau partai besar.
3.Mengembangkan Pasar.Strategi ini dilakukan dengan cara mengekplorasi pasar dengan barang yang sudah ada sehingga pasarnya tidak hanya itu-itu saja namun lebih berkembang misalnya saja jika selama ini target pasarnya tetangga kanan kiri coba bidik pasar lain misalnya orang yang lewat/jauh atau tadinya ngecer kemudian sambil grosir.
4.Mengembangkan Produk.Kebalikan dari strategi mengembangkan pasar strategi ini dilakukan dengan cara menambah item barang dengan catatan toko anda sudah memilik langganan misalnya saja jika sebelumnya toko anda tidak menjual sandal lalu menjualnya.Salah satu kelebihan strategi ini adalah karena toko anda sudah memiliki pelanggan sehingga akan lebih mudah menawarkan barang yang baru tersebut.Tantangannya adalah bagaimana caranya agar pembeli mau membeli barang tersebut.Jika strategi ini berhasil akan meningkatkan omset toko anda.Baca Kunci Sukses Menjual Barang.
Bagaimana?Anda tertarik menerapkan 4 Strategi Bisnis diatas?atau Justru anda memiliki strategi lain?