5 Penyebab Kaburnya Pelanggan Toko Kelontong
5 Penyebab Kaburnya Pelanggan Toko Kelontong-Pernahkah Anda mengalami pelanggan toko
kelontongnya Kabur?Pasti Anda akan kecewa dan bertanya-tanya dalam hati apa
penyebabnya?Jika belum pernah Anda beruntung silahkan pertahankan jangan sampai
kabur atau Antisipasi sebelumnya salah satunya dengan mengenali Tanda Pelanggan
yang akan Kabur.Jika toko kelontong anda berada didaerah yang persaingannya
ketat peluang kaburnya pelanggan sangat besar karena pesaing toko kelontong
anda tentu berusaha untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya dengan berbagai
macam cara mulai dari banting harga,jemput bola dan lain-lain.Menurut pendapat
saya mendapatkan pelanggan baru lebih sulit dibandingkan dengan mempertahankan
pelanggan oleh karena itu anda perlu mengetahui hal apa saja yang menjadi
penyebab kaburnya pelanggan toko kelontong dengan harapan pelanggan bisa tetap
dipertahankan misalnya jika suatu saat pelanggan sudah mulai komplain harga
berarti ditoko lain bisa menjual lebih murah dari toko anda,jika demikian salah
satu kemungkinan agen tempat anda belanja harganya kemahalan anda bisa mencaba
belanja ketempat lain.
Berkaitan dengan hai itu kali ini saya mencoba berbagi
tentang 5 Penyebab Kaburnya Pelanggan
Toko Kelontong yang bisa anda gunakan sebagai bahan evaluasi jika suatu
saat pelanggan toko kelontong anda Kabur
dan berikut ini informasi selengkapnya:
1.Harga lebih mahal.Harga
merupakan penyebab terbesar kaburnya pelanggan apalagi jika selisihnya besar
oleh karena itu jika persaingannya ketat Saran saya jangan mematok keuntungan
yang terlalu tinggi terutama untuk
barang-barang yang biasa dicari pembeli
misalnya sembako atau Keperluan rumah tangga karena akan sangat mudah diketahui
pembeli apalagi bagi kalangan Ibu rumah tangga.
2.Pelayanan Lebih
Baik.Bentuk-bentuk pelayanan yang sangat menguntungkan bagi pembeli
diantaranya Layanan Antar,Keramahan,Ketelitian Menghitung
belanja,Pembayaran,layanan saat pengangkutan.Sebagi pembeli tentu bukan hanya
mencari harga yang murah saja pelayanan yang baik juga sangat dibutuhkan.Misalnya
ada 2 toko kelontong harganya sama-sama murah namun salah satunya menyediakan
layanan antar sehingga pembeli tidak perlu repot bahkan bisa pesan lewat
telpon/sms saya yakin pembeli lebih memilih belanja ketoko kelontong yang ada layanan antar Contoh lain ada 2 toko
harganya sama-sama murah tapi salah satu toko pembayarannya harus pas tidak boleh
kurang sedikitpun sedang toko yang satunya bayarnya bisa kurang(ada bon) tentu
pembeli lebih memilih belanja ketoko yang kedua alasannya bisa bebas belanja
tanpa takut duitnya tidak cukup.
3.Lokasi Terlalu Jauh.Lokasi
sangat menentukan kelangsungan pelanggan artinya jika lokasi tokonya mudah
dijangkau pembeli kemungkinan pelanggan akan kabur sangat kecil tapi jika
lokasi toko anda jauh dari lokasi pelanggan kemudian ada toko kelontong baru
yang dekat dengan lokasi pelanggan kemungkinan pelanggan akan kabur sangat
besar apalagi jika harganya lebih murah.
4.Jumlah Pesaing
semakin banyak.Jika disekitar lokasi toko kelontong anda banyak muncul
toko-toko baru misalnya 1 Blok tadinya hanya ada toko anda tapi sekarang ada 5
toko baru kemungkin kaburnya pelanggan akan sangat besar karena tidak semua
pembeli mencari harga yang murah ada kalanya mencari yang dekat atau tidak enak
sama tetangganya yang buka toko kelontong
5.Lebih Lengkap.Kelengkapan
barang yang dijual ditoko kelontong bisa menjadi salah satu penyebab kaburnya
toko kelontong anda.Saya ambil contoh
pelanggan toko kelontong anda Tukang nasi goreng yang jumlah barang
belanjanya banyak namun anda menyediakan sebagian saja sedangkan barang lainnya
si tukang Nasi goreng ini harus belanja ketoko kelontong lain lama kelamaan
bisa saja tukang nasi goring tersebut berpikiran kenapa harus repot-repot kesana-kesini bukankan bisa ke satu toko saja.
5 Penyebab Kaburnya Pelanggan
Toko Kelontong Di Atas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi bisa jadi
bebeda dengan yang anda alami.Anda memilki pendapat lain?Bahagia sekali jika
anda mau berbagi dengan pengunjung Bisniswarung.blogspot.com