Monday, October 16, 2017

6 Penyebab Toko Kelontong Sepi Pembeli

BISNIS TOKO KELONTONG,6 Penyebab Toko Kelontong Sepi Pembeli-Apa jadinya jika modal sudah dikeluarkan tapi ternyata toko kelontong yang sedang dirintis sepi pembeli? Tanda Tanya besar tentu menggelayuti pikiran anda,Apa yang salah? Sepi pembeli mungkin saja terjadi diawal-awal buka toko kelontong karena mungkin pembebli belum banyak yang tahu keberadaan toko kelontongnya.

Toko Kelontong Sepi Pembeli

Tapi jika toko kelontong sudah berjalan dalam hitungan bulan tapi kok masih sepi pembeli ini tentu menjadi masalah serius.Namun terkadang sebagian pelaku bisnis toko kelontong belum mengetahui penyebab kenapa toko kelontongnya sepi pembeli sehingga tidak segera melakukan perbaikan atau mengatur ulang strategi dagang.

Baca juga :
Cara Mendapatkan Produk Indofood
Haruskah Mencari Karyawan Untuk Operasional Toko Kelontong
Kisah Sukses Pebisnis Toko kelontong Ala Tukang Pukis

Ujung-ujungnya tentu bisa ditebak omset jauh dari harapan sehingga keuntungannya juga relatif kecil bahkan tak jarang merugi akibat barang-barang yang rusak atau kadaluarsa.Lalu apa sajakah sebenarnya yang bisa menjadi penyebab toko kelontong sepi pembeli? Informasi berikut ini bisa membantu anda memahaminya.

6 Penyebab Toko Kelontong Sepi Pembeli 


1.Lokasi Kurang Strategis

Lokasi sangat mempengaruhi datangnya pembeli.Idealnya lokasinya ramai atau dipemukiman padat,didepan jalan utama,jalur hilir mudik warga,dekat dengan pusat-pusat keramaian,sekolah.Jika lokasinya kurang strategis bisa menyebabkan toko kelontong sepi pembeli apalgi jika kanan kiri toko kelontong anda tidak ada tetangganya misalnya ditanah kavling.

Faktanya toko-toko kelontong yang sukses lokasinya memang strategis walaupun demikian lokasi yang strategis tidak menjamin kesuksesan itu hanya salah satu faktor.Lalu bagaimana jika toko kelontong sudah terlanjur buka sedangkan lokasinya kurang strategis?

Anda perlu melakukan pemasaran aktif artinya sering menawarkan barang-barang kewarga sekitar bila perlu sediakan layanan pesan antar.Sering-seringlah menawarakan barang yang murah agar toko anda mendapat predikat toko muiah.Lengkapi juga barang dagangan toko kelontong anda bila perlu merangkap toko semi grosir kemudian anda berkeliling mendatangi toko-toko kecil.

2.Harga Jual Mahal

Masalah harga sering menjadi penyebab toko kelontong sepi pembeli karena cukup sensitif beda Rp.300-Rp.500 sudah termasuk mahal.Contohnya Mamypoko jika toko yang murah akan menjual sesuai label Rp.2000 tapi ada yang menjual Rp.2500.Saya yakin pembeli akan memilih membeli ketoko yang menjual Rp.2000 bisa jadi pembeli hanya sekali membeli atau beli jika terpaksa.

Jika toko anda ada/banyak pesaingnya faktor harga perlu anda cermati baik-baik tidak boleh gegabah apalagi jika toko pesaing anda toko besar yang belanjanya dus-dusan otomatis akan menjual dengan harga yang murah.Itulah mengapa dalam bisnis toko kelontong memerlukan modal yang memadai sehinga belanjanya bisa grosir bukan eceran.

Jangan sampai toko anda hanya menjadi bamper maksudnya jika toko lain tutup atau tidak ada barangnya baru belanja ketoko anda.

3.Barangnya Kurang Lengkap

Kelengkapan barang juga menjadi daya tarik pembeli karena pembeli merasa nyaman berbelanja artinya dengan sekali belanja semua kebutuhan terpenuhi.Lain halnya jika mau belanja ini kosong mau belanja itu habis otomatis pembeli jadi enggan datang lagi.

Tak mengapa stoknya sedikit-sedikit yang penting jika ada yang butuh barangnya ada.Namun demikian karena belanjanya sedikit-sedikit/eceran sebaiknya pengambilan keuntungannya juga sedikit saja sehingga anda bisa bersaing dengan toko lain yang belinya secara grosir.

4.Dekat Minimarket

Keberadaan Mini market yang menjamur dipemukiman penduduk bisa menjadi ancaman serius bagi toko kelontong terutama yang menjual barang secara eceran karena minmarket juga jual eceran bahkan harganya bisa lebih murah kerena merupakan bisnis waralaba dan mendapatkan pasokan  langsung dari distributor selain itu pelayanannya juga tak bisa dipandang sebelah mata mislanya ruangan ber-AC,karyawan ramah dan siap membantu,mesin kasir yang canggih.

Selain itu barang yang dijual ditoko kelontong dijual juga dimini market bahkan mereka lebih lengkap bisa beli pulsa,bayar cicilan motor,tarik tunai,bayar tagihan toko online dan lain-lain.Itulah mengapa jika toko kelontong anda dekat sekali misalnya didepannya atau disampingnya bisa membuat toko kelontong anda sepi pembeli.

5.Memajang Barang Kurang Menarik

Saya kadang melihat sebuah toko kelontong sebenarnya barangnya lengkap tapi karena cara memajangnya kurang tepat sehingga menyebakan kesannya barangnya kosong misalnya memajangnya sedkit-sedkit dan tempatnya luas.Hal ini tentu bisa menyebabkan pembeli kurang tertarik belanja ke toko kelontong  anda karena bisa saja mereka berangaapan toko anda kurang lengkap.

6.Pelayanan Kurang Memuaskan

Berbinis toko kelontong tidak sekedar memberikan harga yang murah tapi juga pelayanan yang bagus seperti kecepatan dalam melayani pembeli,ketepatan dalam menghitung,keramahan,kualitas barang,layanan antar dan lain-lain.

Apa jadinya jika anda melayani pembeli tapi lambat,sambil ngobrol,sering salah atau ketika ada pembeli yang minta beli diantar anda tidak memenuhinya lebih parah lagi jika anda judes ketika melayani pembeli.Percayalah pembeli akan merasa kecewa belanja ketoko anda sehinga ujung-ujugnya toko anda menjadi sepi pembeli.

Demikianlah informasi seputar 6 Penyebab Toko kelontong Sepi Pembeli Mudahan-mudahan toko kelontong anda selalu ramai pembeli.Terima Kasih Sudah berkunjung! Jangan lupa like Fanspage Blog Bisnis Warung untuk mendapatkan informasi terbaru seputar bisnis toko kelontong.
Load disqus comments

0 komentar