--> Skip to main content

Toko Kelontong Grosir Lebih Menguntungkan,Benarkah?

BISNIS TOKO KELONTONG,Toko Kelontong Grosir Lebih Menguntungkan,Benarkah?-Jika Anda memiliki modal diatas 30 juta mana yang akan anda pilih merintis toko kelontong eceran atau toko kelontong grosir? Secara teori merintis bisnis toko kelontong eceran akan lebih mudah dari pada grosir jadi jangan heran jika kebanyakan orang lebih memilih merintis bisnis toko kelontong eceran.

Toko Kelontong Grosir

Bagaimana tidak mudah anda cukup menyiapkan tempat dan peralatan kemudian datang ke toko kelontong grosir untuk berbelanja barang dan setelah itu anda bisa langsung buka toko perdana.Pembelinya juga selalu ada yah minimal tetangga dekat deh.Jadi jangan heran kalau tiba-tiba didekat anda muncul toko pesaing.

Baca juga :
6 Penyebab Toko Kelontong Sepi Pembeli
Cara Mendapatkan Produk Indofood 
17 Kunci Sukses Bisnis Toko Kelontong


Tapi berbeda jika anda merintis bisnis toko kelontong grosir selain butuh modal lebih banyak,anda juga perlu mencari pemasok/distributor termurah terlebih dahulu dan calon konsumennya yaitu toko kelontong eceran jadi pertama kali buka mungkin toko kelontong grosir anda masih sepi.Apakah dengan demikian toko kelontong eceran yang lebh menguntungkan? Mari kita analisa:

Toko Kelontong Eceran


Meskipun lebih mudah mencari pembeli namun omsetnya sangat terbatas misalnya jika konsumen beli kebutuhan mandi cuci paling-paling nilai transaksinya Rp.1000-2000.Jika menginginkan omset yang besar anda harus menjaring pembeli sebanyak-banyaknya atau mengincar konsumen yang belanjanya banyak seperti tukang jualan makanan.

Jika toko kelontong baru bisa mendapatkan omset Rp.1 jutaaan itu sudah temasuk bagus.Jika toko anda lengkap dan lokasinya srategis serta belum banyak pesaing mungkin untuk mengejar omset sebesar itu tidak terlalu sulit namun jika dilokasi tersebut sudah banyak pesaing untuk meraih omset sebesar itu butuh srategi yang jitu.

Jadi jika anda memutuskan untuk memilih merintis bisnis toko kelontong eceran pastikan lokasinya strategis dan belum banyak pesaing dan jika sudah banyak pelangan pertahankan jangan sampai pindah ketoko lain misalnya mematok harga yang murah khususnya untuk barang-barang tertentu seperti sembako dan berikan pelayanan yang terbaik.Perlengkap barang sehingga semuanya serba ada.

Toko Kelontong Grosir (Agen)


Salah satu kelebihan dari toko kelontong grosir adalah omsetnya yang besar karena jual barangnya secara grosir jadi satu pembeli bisa belanja lebih dari 200 ribu bahkan sampai jutaaan.Itu baru satu pembeli bagaimana jika dalam sehari melayani 100 orang pembeli sudah terbayang berapa omsetnya.

Namun modal yang dibutuhkan relatif besar karena harus belanja barang dalam partai besar.Menurut informasi dari Toko kelontong grosir langganan saya,Modal 100 juta barangnya belum lengkap dan meskipun distributor nantinya masuk tidak langsung membeikan pembayaran secara tempo kecuali omsetnya sudah bagus.

Keuntungan akan semakin besar jika pembeli belanjanya parta kecil bukan dus-dusan misalnya yang belanja toko kelontong kecil-kecilan karena harga eceran lebih mahal dibamdingkan dus-dusan.Ada yang menarik ketika saya berbincang-bincang dengan seorang pemilik toko kelontong grosir yang mengatakan dia lebih suka menjual partai kecil misalnya rencengan,pak dari pada dus-dusan,slopan atau bal-balan karena alasan tadi untungnya lebih banyak.

Jika omset toko kelontong grosir anda sudah bagus sehingga mendapatkan pasokan langsung dari distributor dan pembayarannya tempo anda bisa sekaligus juga merangkap menjadi agen besar maksudnya toko kelontong grosir anda memasok toko kelontong grosir lainnya.Harga yang murah bisa anda dapatkan jika anda melakukan pengambilan dalam partai besar ke distributor sehingga anda mendapatkan intensif atau bonus.

Namun demikian toko kelontong grosir membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak apalagi jika sudah banyak pelanggan mau tidak mau anda harus mempekerjakan karyawan sertai alat transportasi yang memadai untuk mengantar pesanan pelanggan.

Kesimpulannya Toko kelontong grosir memang lebih menguntungkan terutama dilihat dari sisi omset walaupun semuanya tergantung dari jumlah pelanggan dan inilah hal yang paling menantang yang harus dijalani oleh toko kelontong grosir baru namun jika toko kelontong grosir anda lengkap dan harga bersaing lama kelamaan pembeli akan datang.

Semoga Bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar