--> Skip to main content

Cara Pemasaran Toko Kelontong Melalui Facebook

BISNISWARUNG, Pemasaran Toko Kelontong Melalui Facebook – Salah satu kunci sukses mengelola toko kelontong adalah pemasarannya yang bagus dalam artian mampu mendatangkan pembeli sebanyak-banyaknya. Umumnya pebisnis toko kelontong hanya melakukan pemasaran yang sudah umum yang kesannya kaku misalnya hanya menunggu pembeli datang.

Cara Pemasaran Toko Kelontong

Jika lokasinya strategis dan belum banyak saingan mungkin cara pemasaran yang seperti itu masih efektif tapi bagaimana jika sebaliknya lokasi kurang strategis atau banyak pesaing rasanya tidak cukup hanya menunggu pembeli datang. Perlu Inovasi baru atau kreatifitas dalam pemasaran dan diera digital seperti sekarang semuanya serba mungkin.

Misalnya saja saya pernah menemukan Aplikasi Pesan Antar Minuman Galon, ini baru sebuah contoh. Intinya bagaimana caranya memanfaatkan teknologi internet atau bahasa kerennya Bisnis online. Bagi pebisnis toko kelontong tentu teknologi seperti itu masih awam namun ada cara yang cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan media internet yang ternyata cukup ampuh juga untuk pemasaran toko kelontong.

Salah satunya media sosial Facebook. Saya yakin Anda Pasti tahu apa itu Facebook bahkan mungkin anda sudah lama memiliki akun disana. Ternyata Facebook bukan sekedar media pertemanan saja namun bisa juga digunakan untuk Bisnis termasuk Bisnis toko kelontong. Pertanyaannya Bagaimana cara pemasaran toko kelontong melalui facebook?

Nah…inilah yang akan saya coba bahas karena faktanya saya sering menjumpai pemasaran toko kelontong melalui facebook. Jika ternyata memang efektif kenapa tidak dilakukan? Omset toko Anda akan semakin bertambah jika mampu mendatangkan pembeli dari Facebook ini.


Secara Garis besar ada 2 Cara Pemasaran Toko Kelontong melalui Facebook :


1.Pemasaran Melalui Akun Pribadi

Anda bisa memanfaatkan akun pribadi anda untuk menawarkan barang-barang toko kelontong melalui akun pribadi facebook anda. Tambahkan teman sebanyak-banyaknya maksimal 5000 teman. Utamakan menambahkan teman yang lokasinya disekitar toko Anda atau paling tidak satu perumahan atau satu kelurahan/Desa.

Lakukan posting secara teratur diberanda facebook Anda sambil mengamati respon atau interaksinya, semakin banyak interaksi tentu semakin baik apalagi menanyakan harga. Perhatikan juga jam-jam dimana banyak pengguna yang online.

Untuk memperlancar transaksi sebaiknya setiap pemesanan diarahkan melalui nomor WA (Whatsapp) sehingga lebih valid datanya kecuali memang anda sudah kenal atau tahu lokasinya cukup melalui komentar atau PM.

2.Pemasaran Melalui FansPage

Cara lainnya anda bisa memanfaatkan halaman/Fanspage Facebook. Jika Anda belum memiliki Fanspage Anda membuatnya dengan mudah. Buat nama fanspage sesuai dengan nama toko sehinga lebih meyakinkan misalnya Toko sembako Kuningan. Cantumkan Alamat lengkap dan Nomor WA.

Unggah photo profil dengan foto real toko Anda sehingga lebih meyakinkan. Tambahkan/Undang teman-teman facebook menjadi follower Fanspage dan Asyiknya jumlah folowernya tidak dibatasi seperti pada akun pribadi. Lakukan posting secara teratur jika perlu sesekali adakan promo menarik. 

Jangan lupa selalu cantumkan barang dan harga jika menawarkan barang.

Daftar Barang yang cocok dipasarkan melalui Facebook :

  1. Beras kemasan 5,10, 20 Kg
  2. Gula Pasir Kemasan
  3. Mie Instan
  4. Minyak Goreng Kemasan
  5. Popok Bayi
  6. Minuman Air Mineral
  7. Dan Lain-Lain


Jangan lupa sediakan alat transportasi seperti Motor untuk COD karena sistemnya pesan antar. Untuk menghemat BBM listing pemesanan setelah terkumpul baru diantar satu persatu ketujuan kecuali jaraknya dekat bisa langsung diantar. Catat semua pelanggan sehingga jika melakukan repeat order tidak perlu menanyakan alamatnya lagi.

Demikianlah Informasi seputar Cara Pemasaran Toko Kelontong Melalui Facebook, Anda Tertarik Untuk Mencobanya?  Semoga Sukses !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar