--> Skip to main content

Buka Toko Kelontong Sewa Ruko Apa Menguntungkan?

BISNISWARUNG, Buka Toko Kelontong Sewa Ruko Apa Menguntungkan? – Lokasi toko kelontong yang strategis sangat menentukan kesuksesan. Pernyatan ini memang tak terbantahkan walaupun bukan satu-satunya faktor. Inilah yang kemudian menjadi kendala ketika akan membuka usaha toko kelontong karena tak semua rumah lokasinya strategis ada yang masuk kedalam ada pula yang diujung jalan.

'sewa ruko

Tak sedikit yang akhirnya tetap membuka toko kelontong dirumahnya meski kurang strategis dan memang ada yang beli tapi hanya tetangga kiri kanan dan depan. Meskipun menguntungkan tapi keuntungannya minim dan kurang bisa berkembang. Sebagai contoh diperumahan saya satu blok atau satu gang yang hanya terdiri dari sekitar 50 rumah tapi tokonya lebih dari satu. Sudah bisa ditebak siapa pembelinya.

Solusi untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan menyewa ruko yang lokasinya lebih strategis untuk buka toko kelontong. Pertanyaannya kemudian apakah menguntungkan? Inilah hal menarik yang akan saya coba bahas kebetulan saya pernah menyewa ruko untuk buka toko kelontong jadi bisa memberi sedikit gambaran yang sebenarnya.

Sewa Ruko Relatif Mahal

Permasalahannya adalah sewa ruko tidaklah murah apalagi jika ukurannya luas, contohnya diperumahan saya didaerah Bekasi setahunnya bisa mencapai 12 juta. Memang lokasinya strategis dekat dengan pasar tradisional atau diperempatan jalan perumahan.

Dengan sewa sebesar itu coba kita hitung, berarti setiap bulannya harus merogoh kocek 1 juta. Dengan margin keuntungan toko kelontong rata-rata 10 % artinya butuh omset minimal 10 juta per bulan itu baru untuk membayar tempat belum lain-lain . Jika toko kelontong omset hariannya hanya 1 juta tentunya keuntungannya cukup minim.

Beberapa Tips supaya usaha toko kelontong tetap menguntungkan meski sewa ruko :

1.Perbanyak Item Barang

Untuk menggenjot omset yang maksimal sebaiknya memperbanyak item barang sehingga setiap pembeli yang datang bisa terpenuhi semua kebutuhannya. Selain itu dengan item barang yang lengkap akan menjadi daya tarik pembeli.

Tentu pemilihan item barang harus selektif dan pilihlah yang memang banyak dicari orang bukan produk baru apalagi produsennya belum terkenal. Jika perlu lakukan pemasaran yang unik misalnya melayani kopi seduh atau Indomie rebus seperti warkop. Sekarang ini toko kelontong sambil jual Bensin ala Pertamini bukan hal yang aneh. Ada pula toko kelontong yang menyediakan Hotspot internet gratis atau WIFI. Jika memang memungkinkan kenapa tidak dilakukan untuk mendongkrak omset.  

2.Jual Barang secara Grosir dan Eceran

Jika melihat margin keuntungan memang menjual secara eceran lebih menguntungkan dibandingkan dengan jual secara grosir namun tak ada salahnya dilakukan jika memang ada pembeli yang belanja secara grosir apalagi jika memang akan dijual lagi.

Menjual barang secara grosir sangat memungkinkan jika toko anda belanja barang partai besar misalnya 1 Dus Kopi susu kemudian anda jual per renceng. Dengan menjual secara grosir dan eceran otomatis omset anda akan lebih besar dibandingkan dengan menulis secara eceran saja. Hal tersebut semakin menguntungkan jika toko anda mendapatkan pasokan langsung dari distributor sehingga harganya lebih murah jika dijual lagi masih bisa bersaing dengan agen

3.Jam Buka Lebih Lama

Jika Anda sudah memutuskan untuk menyewa ruko tak ada istilah untuk bersantai-santai karena lokasinya tidak gratis. Anda harus bekerja ektra keras dibandingkan dengan toko lain yang tidak sewa tempat. Kerja keras ini bisa dilihat dari Jam bukanya, jika toko lain mungkin buka jam 6 pagi sampai jam 9 malam anda bisa buka lebih lama.

Jam buka ini bisa bersifat situasional misalnya diperumahan saya ada toko kelontong yang buka sampai jam 1 malam khusus malam minggu. Faktanya ada saja pembelinya misalkan bapak-bapak yang sedang Ronda.

4.Sewa Kios ukuran Kecil

Besarnya sewa biasanya tergantung dari ukuran ruko semakin luas atau memanjang tentu sewanya semakin mahal. Jika Anda ingin sewa yang lebih hemat pilihlah tempat yang berupa kios atau petak misalkan ukuran 3x3 Meter bisanya lebih murah sebagai contoh diperumahan saya sebuah kios yang lokasinya tak jauh dari pasar, sewa perbulannya Cuma Rp.600.000.

Meski ukurannya terbatas namun dengan penataan barang yang bagus akan mampu menampung banyak barang meskipun nantinya ruang untuk melayani pembeli jadi terbatas.


5.Dikelola Sendiri tanpa Karyawan

Sewa tempat bisa jadi bea operasional yang paling tinggi diantara bea lainnya untuk itu untuk menekan biaya sebaiknya mengelola toko kelontong sendiri tanpa karyawan apalagi jika tokonya baru buka tentunya sangat riskan karena maju atau tidaknya toko belum ketahuan.

Libatkan anggota keluarga untuk membantu sementara jika memang tokonya ramai dan memang butuh tenaga ekstra bolehlah merekrut karyawan.  


Kesimpulannya Buka toko Kelontong dengan sewa Ruko bisa menguntungkan asalkan omsetnya bagus dan untuk mencapainya butuh strategi penjualan yang mumpuni. Semoga Bermanfaat! 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar