--> Skip to main content

Jam Buka Ideal Toko Kelontong Tiap Hari

BISNISWARUNG, Jam Buka Ideal Toko Kelontong Tiap Hari – Salah satu kelemahan bisnis toko kelontong adalah keuntungan dari harga jual relatif kecil umumnya kurang dari 20 % bahkan untuk harga grosir Cuma dikisaran 1-2 %. Sebagai contoh minuman ringan gelas modalnya 800 rupiah dijual 1000 perak atau Kopi sachet modal 1000 dijual 1250 atau Goceng 2.

Jam Buka  Toko Kelontong

Jadi jika omsetnya kecil keuntungannya juga kecil oleh karena itu untuk meningkatkan keuntungan harus memperbanyak omset. Salah satu caranya adalah memperpanjang jam buka sehingga peluang transaksi semakin besar. Dari sinilah kemudian muncul pertanyaan jam ideal buka toko kelontong tiap hari itu berapa jam dan dari jam berapa sampai  berapa?

Sebenarnya boleh-boleh saja toko kelontong buka 24 jam namun perlu dicatat apakah ada pembelinya khususnya dijam-jam dini hari atau apakah ada yang jaga tokonya?  Menurut saya waktu  yang paling tepat untuk  buka adalah ketika  orang-orang mulai beraktifitas dan tutup toko ketika orang  mulai istirahat malam.


Buka Jam 6 Pagi                                                                       

Dihari kerja dari hari Senin sampai Sabtu umumnya masyarakat mulai beraktifitas dipagi hari sekitar jam 6 pagi adapula yang lebih pagi.  Ada yang akan berangkat kerja atau berangkat sekolah yang tentunya ada yang perlu dibeli misalnya untuk persiapan memasak.

Agak siangan anak-anak sekolah berangkat dan kadang ada yang perlu dibeli misalnya jajanan untuk bekal sekolah atau alat tulis seperti buku atau pensil. Secara umum dijam-jam pagi hari target pasar yang paling potensial adalah dari kalangan Ibu Rumah Tangga dan Anak sekolah jadi pastikan stok Gas, kebutuhan dapur atau jajanan tersedia.

Tutup Jam 10 Malam

Selepas jam 8 malam biasanya pembeli mulai berkurang jika ada mungkin ada satu dua jadi nggak ada salahnya buka sampai jam 10 malam. Perlu diingat jika Anda buka dari pagi tentunya fisik sudah terasa capek sehigga kurang konsentrasi. Telitilah ketika melayani pembeli dimalam hari jangan sampai salah hitung atau salah kembalian.  

Telitilah juga ketika menerima uang apalagi nominal besar dan yang beli bukan langganan atau orang baru beli. Jika memungkinkan sediakan alat pendeteksi uang palsu untuk menghindari kerugian. Dijam-jam malam tantangan yang merepotkan adalah ketika mati lampu/PLN Padam. Jika menggunakan penerangan seadanya seperti Lilin cukup merepotkan terutama masalah uang.

Jika memang punya modal lebih tak ada salahnya untuk menyediakan Genset jadi pelayanan tidak akan terganggu meski mati lampu.

Kesimpulannya jam buka ideal Toko kelontong tiap harinya adalah dari Jam 6 pagi  sampai jam 10 malam. Ini hanya opini saya jadi mungkin saja berbeda disetiap toko kelontong. Semoga Bermanfaat!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar