--> Skip to main content

Tips Menghindari Penipuan Belanja Barang Toko Kelontong Secara Online

penipuan toko kelontong

BISNISWARUNG, Tips Menghindari Penipuan Belanja Barang TokoKelontong Secara Online – Namanya juga pebisnis toko kelontong kalau ada yang menawarkan barang dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran langsung tertarik ingin membeli tanpa berpikir panjang. Jika yang menawarkan toko grosir langganan tentu akan percaya saja tapi bagaimana jika tawaran barang semacam ini ada diinternet?

Seringkali saya menjumpai penawaran barang toko kelontong melalui grup jual beli facebook. Faktanya masih saja ada yang tertipu setelah memesan barang tak kunjung diantar padahal uang keburu ditransfer. Tentunya ini sangat merugikan bisnis toko kelontong, alih-alih mau mencari barang murah tapi malah tertipu. Kebanyakan yang tertipu memang tergiur dengan harga yang murah sehingga ketika disuruh transfer langsung dilakukan.


Jika memang penjualnya terpercaya nggak ada salahnya belanja barang secara online namun demikian sebelum memutuskan untuk memesan barang toko kelontong secara online sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1.Ada barang Ada Uang

Jualan barang secara online umumnya menggunakan jasa ekspedisi dan bayar dimuka namun untuk barang-barang toko kelontong rasanya sulit jika menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE,TIKI, Wahana dan lain-lain karena ongkos kirimnya dihitung per Kg dan berapa jaraknya. Tahu sendiri barang-barang toko kelontong beratnya berapa.

Hal yang paling mungkin adalah diantar sendiri oleh penjualnya yang tentunya lokasi penjual tidak telalu jauh atau masih 1 kelurahan. Jadi jika memang anda mau memesan barang pastikan anda membayar ketika barangnya sudah sampai ditoko kelontong Anda, Pokoknya Ada barang ada uang kalau belum ada barangnya jangan sekali-kali memberikan uang kepada penjual dengan dalih apapun.

2.Bayar ditempat

Selalu gunakan sistem pembayaran ditempat atau COD, jangan mau tergiur untuk mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu dengan alasan apapun. Kalau memang penjualnya terpercaya pasti mau untuk COD karena memang untuk barang-barang toko kelontong lebih cocok pakai sistem ini.

3.Harga Wajar

Semurah-murahnya barang toko kelontong pasti selisihnya tidak terlalu jauh dari harga distributor kalau selisihnya banyak patut dipertanyakan kebenarannya. Sayangnya seringkali pembeli tertarik jika harganya jauh diharga pasaran bahkan tanpa pikir panjang langsung menghubungi penjual dan memesan.

Disinilah kemudian oknum penjual dengan dalih yang dibuat-buat memperdaya pembeli agar transfer dulu uangnya.

4.Jangan Kasih DP (Uang Muka)

Terkadang meski awalnya pembayaran ditempat namun bisa saja penjual meminta uang muka alasannya supaya tahu serius beli atau tidak. Hal ini juga bisa menjadi modus untuk menipu. Jika belanja didistributor resmi biasanya sales datang ketoko kemudian anda pesan barang beberapa hari kemudian barulah barang datang. Berdasarkan pengalaman saya tak satupun distributor (sales) yang meminta uang muka artinya jika barang pesanan datang barulah dibayar. Pokoknya ada barang baru bayar.

Jadi jika Anda memesan barang toko kelontong secara online kemudian meminta uang muka sebaiknya anda hati-hati.

5.Lihat Profilnya

Jika anda menemukan penawaran barang toko kelontong dimedia sosial lihat dulu profil akunnya. Jika memang penjual yang tepercaya biasanya menggunakan gambar atau foto pribadi yang jelas tidak seperti akun bodong. Lihat berapa temannya dan lihat status-status sebelumnya. Jika akunnya masih baru patut dipertanyakan.

Jangan mudah percaya alamat yang tercantum diprofil karena bisa saja mencatut alamat orang lain. Cara yang paling aman tentu mendatangi langsung penjualnya berdasarkan alamat yang tecantum .

Demikianlah informasi seputar Tips Menghindari Penipuan Belanja barang toko kelontong secara online, Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar