--> Skip to main content

Perlukah Menyediakan Barang Yang diiklankan diTV?

BISNISWARUNG, Perlukah Menyediakan Barang Yang diIklankan diTV? – Jika ditoko Anda disediakan TV mungkin anda sering melihat iklan produk yang muncul disana. Tak jarang barang-barang tersebut sebagian besar cocok untuk dijual ditoko kelotong misalnya Mie instan rasa ini dan itu atau makanan ringan varian baru. Tentunya ini menjadi sebuah tanda Tanya Apakah perlu menyediakan barang-barang tersebut?

Dengan iklan sebuah produk pada dasarnya produsen menginginkan agar produknya dikenal Masyarakat terutama untuk produk baru, Menginformasikan sebuah promo menarik misalnya beli 2 gratis 1 atau mengingatkan kembali sebuah produk yang sudah lama ada.

Lalu apa hubungannya dengan bisnis toko kelontong? Seperti Anda ketahui sebagian besar masyarakat ketika membeli produk lebih memilih brand yang sudah kuat atau sudah dikenal. Dengan adanya iklan produk diTV maka tingkat awareness (kesadaran) semakin meningkat sehingga ketika produk tersebut dijual ditoko kelontong mereka tertarik untuk membeli.

Tak heran jika ada sebuah produk baru yang diiklankan di TV biasanya ada pembeli yang menanyakan barang tersebut. Hal ini wajar karena menonton TV menjadi salah satu aktivitas sehari-hari yang dilakukan orang tua maupun anak-anak.

Berdasarkan pengalaman saya beberapa produk terbukti laku djual ditoko kelontong saya setelah ada iklannya diTV contohnya dulu sewaktu kemunculan pertama kali Mie Sedap. Jadi jika ada pertanyaan perlukah Menyediakan barang yang muncul iklannya diTV? Menurut saya Perlu, Namun perlu diseleksi tidak harus semuanya disediakan.


Beberapa Pertimbangan sebelum menyediakan barang  yang muncul iklannya diTV :
  1. Siapa produsennya? Jika produk tersebut diproduksi oleh perusahaan besar seperti Indofood, Unilever, Wings, Garuda food tentunya menjadi nilai lebih karena sudah dikenal dibandingkan dengan brand baru.
  2. Jenis Barangnya. Pilih barang yang memang dibutuhkan tiap hari seperti sabun, makanan ringan, Mie Instan dan lain-lain.
  3. Pilih Produk yang ada promonya karena akan menarik minat pembeli untuk membelinya misalnya Beli 2 gratis 1.
  4. Cobalah produk tersebut dan bandingkan dengan kompetitor jika kualitasnya tak beda atau kalau  makanan sama enaknya tak ada salahnya untuk menyediakan.
  5. Harganya lebih murah dari kompetitor atau ada bonusnya misalnya beli 1 dus gratis 3 pcs sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih murah.
  6. Mulai membeli dari partai kecil dulu dan lihat respon masyarakat jika memang laku baru belanja  partai yang lebih besar.

Dengan adanya iklan barang diTV sebenarnya toko kelontong diuntungkan pembeli sudah tahu duluan  sehingga tidak perlu mempromosikan cukup dipajang saja walaupun tidak ada jaminan kalau barang yang  diiklankan diTv laku keras tapi setidaknya laku dijual.


Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan Share disini. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar