Perlukah Menyediakan Barang Yang diiklankan diTV?
BISNISWARUNG, Perlukah Menyediakan Barang Yang diIklankan
diTV? – Jika ditoko Anda disediakan TV mungkin anda sering melihat iklan produk
yang muncul disana. Tak jarang barang-barang tersebut sebagian besar cocok
untuk dijual ditoko kelotong misalnya Mie instan rasa ini dan itu atau makanan
ringan varian baru. Tentunya ini menjadi sebuah tanda Tanya Apakah perlu
menyediakan barang-barang tersebut?
Dengan iklan sebuah produk pada dasarnya produsen menginginkan
agar produknya dikenal Masyarakat terutama untuk produk baru, Menginformasikan
sebuah promo menarik misalnya beli 2
gratis 1 atau mengingatkan kembali sebuah produk yang sudah lama ada.
Lalu apa hubungannya dengan bisnis toko kelontong?
Seperti Anda ketahui sebagian besar masyarakat
ketika membeli produk lebih memilih brand yang sudah kuat atau sudah dikenal.
Dengan adanya iklan produk diTV maka
tingkat awareness (kesadaran) semakin meningkat sehingga ketika produk tersebut
dijual ditoko kelontong mereka tertarik untuk membeli.
Tak heran jika ada sebuah produk baru yang diiklankan di TV
biasanya ada pembeli yang menanyakan barang tersebut. Hal ini wajar karena
menonton TV menjadi salah satu aktivitas sehari-hari yang dilakukan orang tua
maupun anak-anak.
Berdasarkan pengalaman saya beberapa produk terbukti laku
djual ditoko kelontong saya setelah ada iklannya diTV contohnya dulu sewaktu
kemunculan pertama kali Mie Sedap. Jadi jika ada pertanyaan perlukah
Menyediakan barang yang muncul iklannya diTV? Menurut saya Perlu, Namun perlu
diseleksi tidak harus semuanya disediakan.
Beberapa Pertimbangan sebelum menyediakan barang yang muncul iklannya diTV :
- Siapa produsennya? Jika produk tersebut diproduksi oleh perusahaan besar seperti Indofood, Unilever, Wings, Garuda food tentunya menjadi nilai lebih karena sudah dikenal dibandingkan dengan brand baru.
- Jenis Barangnya. Pilih barang yang memang dibutuhkan tiap hari seperti sabun, makanan ringan, Mie Instan dan lain-lain.
- Pilih Produk yang ada promonya karena akan menarik minat pembeli untuk membelinya misalnya Beli 2 gratis 1.
- Cobalah produk tersebut dan bandingkan dengan kompetitor jika kualitasnya tak beda atau kalau makanan sama enaknya tak ada salahnya untuk menyediakan.
- Harganya lebih murah dari kompetitor atau ada bonusnya misalnya beli 1 dus gratis 3 pcs sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih murah.
- Mulai membeli dari partai kecil dulu dan lihat respon masyarakat jika memang laku baru belanja partai yang lebih besar.
Dengan adanya iklan barang diTV sebenarnya toko kelontong
diuntungkan pembeli sudah tahu duluan sehingga tidak perlu mempromosikan cukup
dipajang saja walaupun tidak ada jaminan kalau barang yang diiklankan diTv laku keras tapi setidaknya laku dijual.
Bagaimana menurut pendapat Anda? Silahkan Share disini.