--> Skip to main content

Toko Kelontong Tanpa Etalase Pantaskah?

Toko Kelontong

BISNISWARUNG – Beberapa bulan yang lalu saya membuat video yang berjudul buka toko kelontong modal 1 juta. Divideo ini ada yang komentar modal 1 juta memang tidak pakai Etalase? Saya jawab Toko kelontong tanpa etalase tetap bisa kok. Namanya juga modal terbatas tentunya kalau ingin buka harus memanfaatkan yang ada dulu. Kalau memikirkan peralatannya yang lengkap seperti Etalase toko Kelontong tentu nggak cukup.

Kelebihan bisnis toko kelontong salah satunya modalnya fleksibel modal besar ok modal kecilpun tetap bisa. Kalau menunggu sampai modalnya terkumpul banyak bisa bisa malah nggak buka-buka. Lebih baik buka kecil-kecilan dulu nanti keuntungannya bisa diputar lagi sehingga lama kelamaan tokonya semakain besar.

Pertanyaannya kemudian Apakah Pantas Toko kelontong tanpa Etalase? Menurut saya Pantas-pantas saja. Menyimpan barang dagangan tidak harus mengggunakan etalase masih bisa diakali dengan cara lainnya yang lebih murah. Memang dengan Etalase pajangan barangnya jadi lebih menarik tapi itu bisa menyusul setelah punya modal untuk beli Etalase.

Lalu Bagaimana caranya menata toko kelotong tanpa etalase agar tetap kelihatan menarik? Informasi berikut ini bisa membantu Anda yang mungkin saat ini belum memilki etalase ditokonya.

1.Gunakan gantungan

Toko Anda bisa memanfaatkan gantungan untuk memajang barang, Anda bisa menngunakan bambu bekas tiang bendera,Kayu, paralon pompa air yang tidak terpakai atau bisa juga dengan tali tambang. Nantinya letakkan gantungan tersebut didepan toko biar terlihat. Pajang barang-barang yang berupa rencengan seperti kopi, Shampo, bumbu dapur atau pewangi pokoknya yang rencengan dipajang digantungan tadi.

Semakin banyak yang digantung tentunya toko akan terlihat lengkap meski barangnya hanya shampo dan lain-lain.

2.Gunakan Meja Sederhana

Toko Anda bisa menggunkaan meja sederhana buatan sendiri, nggak perlu bagus bagus yang penting bisa buat meletakkan barang seperti jajanan anak-anak. Jajan anak ini modalnya terjangkau rata –rata 10 ribuan per pak sehingga bisa belanja banyak item.

Modal akan bisa ditekan jika Anda bisa memanfaatkan kayu-kayu bekas membangun rumah yang tidak terpakai. Kalau saya dulu membuat meja dengan mencari kayu bekas di penjual yang kebanyakan orang Madura. Harganya terjangkau tapi kayunya siap dirakit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hutang Diwarung Kelontong

3.Jual Minuman Seduh

Biar toko terlihat menarik coba Anda berjualan minuman seduh contohnya Jas Jus, Teh sisri, Pop Ice dan lain-lain. Modalnya kecil dan cukup siapkan Es batu. Dengan jualan minuman seduh akan menarik minat khususnya anak-anak untuk jajan.

Anda bisa juga menjual kopi seduh, lumayan untuk nambah-nambah omset toko kelontong dengan modal kopi Rp.1000 bisa djual Rp.3000.

Kesimpulannya Toko kelontong tanpa Etalase tidak jadi masalah, Peralatan hanya penunjang yang penting ada barangnya. Dari pada bisa beli etalase baru tapi modalnya habis mending uangnya buat belanja barang. Semoga Bermanfaat! 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar